Sekretariat RAN API 720 views

Follow
Something About Company

SEKRETARIAT RENCANA AKSI NASIONAL ADAPTASI PERUBAHAN IKLIM (RAN API)

Penjelasan Singkat
Rencana Aksi Nasional Adaptasi Perubahan Iklim (RAN-API) diluncurkan Bappenas pada tahun 2014 sebagai bentuk upaya untuk koordinasi lintas sektor dalam penanganan dampak perubahan iklim. Penyusunan strategi penanganan dampak negatif perubahan iklim melalui upaya adaptasi tersebut, berkolaborasi dengan berbagai pihak, antara lain mitra pembangunan, organisasi masyarakat dan praktisi lainnya. RAN-API merupakan strategi komprehensif untuk meningkatkan ketahanan dan mengurangi kerentanan terhadap perubahan iklim yang dapat menjadi acuan dalam merumuskan strategi adaptasi pada tingkatan pemerintah maupun pemangku kepentingan lainnya.
Pada tahun 2018, telah dilakukan kaji ulang RAN-API yang meliputi kajian basis ilmiah proyeksi iklim, potensi bahaya perubahan iklim pada 4 sektor prioritas (air, kelautan dan pesisir, pertanian, dan kesehatan), kerentanan dan risiko perubahan iklim pada sektor pertanian, dan pengembangan indeks ketahanan iklim. Indeks ketahanan iklim dimaksudkan sebagai indikator dalam pelaksanaan adaptasi perubahan iklim di tingkat nasional maupun daerah. Untuk tahun 2019, RAN-API akan kembali menjadi masukan dalam RPJMN 2020-2024, dan kembali mengikat komitmen pemerintah pusat dan daerah untuk melaksanakan aksi adaptasi perubahan iklim sesuai dengan sasaran dan kebijakan di bidang masing-masing. Untuk mendukung terciptanya kebijakan adaptasi perubahan iklim yang tepat sasaran, perlu dilakukan kajian kebijakan RAN-API, menggunakan hasil kajian ilmiah kaji ulang RAN-API sebagai dasarnya (perubahan iklim dan potensi bahaya perubahan iklim). Selain itu, untuk menyempurnakan analisis, perlu dilengkapi kajian kerentanan dan risiko iklim pada sektor lain yang belum dilakukan pada tahun 2018. Untuk mendukung efektifitas implementasi RAN API dibutuhkan perangkat kebijakan dan panduan teknis baik di tingkat pusat maupun daerah, seperti dukungan kajian-kajian ilmiah dalam perencaan adaptasi dan penyiapan instrument Pemantauan Evaluasi dan Pelaporan (PEP) adaptasi perubahan iklim.
Sebagai dukungan dalam pelaksanaan tugas tersebut, dibutuhkan staf yang mampu mendesain program, kebijakan dan teknis perencanaan serta pelaksanaan adaptasi perubahan iklim dengan mengacu kepada sistem perencanaan pembangunan nasional.

This company has no active jobs

Company Information
Connect with us
Contact Us

NGO Job Search

CONTACT US

How we can help ? Please feel free to CONTACT US

About us / Disclaimer

DevJobsIndo.ORG is not affiliated with devjobsindo yahoo mailing groups.MORE