YHS Mencari Trainer Online untuk 8 Jenis Training dan Pengajar untuk 1 Kursus Singkat Menulis dalam Bahasa Inggris 195 views

Job Expired

Pengantar:

Yayasan Harapan Sumba (YHS) adalah organisasi nirlaba yang berdomisili di Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi NTT. Wilayah layanan YHS adalah Pulau Sumba, terutama Sumba Barat Daya. Program utama YHS adalah nutrisi, sanitasi dan usaha ekonomi produktif dengan target kelompok rentan khususnya penyandang disabilitas, kader dan aparat desa.

Pada tahun 2021, YHS mendapatkan kepercayaan dari Misereor (Jerman) untuk melanjutkan kemitraan dua tahun (April 2021-Maret 2023) untuk program Penguatan Penyandang Disabilitas yang Inklusif Menghadapi Era New Normal di 5 Komunitas di Kabupaten Sumba Barat Daya.

Salah satu komponen dari program tersebut adalah pembelajaran online yang mencakup 8 paket training of trainer, 4 paket training dan 1 paket kursus Bahasa Inggris. Uraiannya dapat disimak pada deskripsi kegiatan berikut.

Deskripsi Kegiatan

  1. Training of Trainer

Kegiatan berikut dilakukan untuk Tim Proyek, yang kemudian akan mentransfernya kepada kelompok sasaran. Setelah mendapat pengetahuan dari kegiatan ini, Tim Proyek akan mendesain modul dan handout yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kelompok sasaran, dan selanjutnya melatih kelompok sasaran.

  1. Pendampingan dan konseling bagi penyandang disabilitas

Target utama program adalah penyandang disabilitas (10 orang tuna daksa, 6 orang tuna netra dan 1 orang tuna grahita). Karena itu Tim proyek membutuhkan penguatan kapasitas dalam mendampingi kelompok ini. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan adalah pelatihan, pertemuan, kunjungan rumah dan usaha ekonomi.

Sedangkan konseling dibutuhkan Tim Proyek untuk membantu penyandang disabilitas saat mengalami kekerasan (paling dominan kekerasan psikologis) dan bagaimana pemulihannya, penerimaan diri dan membangun kepercayaan diri.

  1. Paralegal (non litigasi)

Penyandang disabilitas kerapkali mengalami kekerasan dalam keluarga dan komunitas. Karena itu, Tim Proyek membutuhkan kapasitas dalam memberikan bantuan dan pendampingan hukum bagi penyandang disabilitas yang menjadi korban kekerasan.

  1. Kewirausahaan dan literasi keuangan

Melalui training ini, Tim Proyek ingin mendapatkan pengetahuan dalam membantu penyandang disabilitas untuk memahami hal-hal mendasar dalam membangun usaha, membangun cara berpikir dan mentalitas bisnis, dan menyusun rencana bisnis (business plan) dan jenis-jenis usaha yang cocok dan potensial dikerjakan oleh penyandang disabilitas.

  1. Pemasaran online

Dewasa ini facebook menjadi pilihan yang popular bagi masyarakat kecil untuk memasarkan produknya. Dengan keterbatasan mobilitas, jenis pemasaran online ini menjadi opsi terbaik bagi penyandang disabilitas untuk memasarkan produknya. Selain teknis penggunaan aplikasi ini, Tim Proyek ini juga ingin belajar aspek-aspek lain dalam pemasaran online, seperti cara mengemas iklan produk, jenis produk yang potensial dipasarkan secara online dan dapat dikerjakan oleh penyandang disabilitas.

  1. Training untuk Organisasi

Paket training ini dilaksanakan dengan tujuan mendukung pengelolaan program dan pengembangan organisasi.

  1. Mendesain pelatihan dan kegiatan di era new normal

Melalui training ini, YHS ingin belajar dan selanjutnya merumuskan metode dan skema pelaksanaan kegiatan yang aman dan beradaptasi dengan situasi pandemi COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan. Jenis kegiatan yang akan dilakukan adalah pelatihan, penyuluhan, pertemuan terbatas dan kunjungan rumah.

  1. Mendesain fasilitas yang aksesibel bagi semua orang khususnya penyandang disabilitas

Melalui kegiatan ini, Tim Proyek membutuhkan pengetahuan untuk mendesain fasilitas public yang aksesibel dan ramah terhadap semua orang, khususnya penyandang disabilitas. Jenis fasilitas yang ingin dipelajari adalah toilet, kamar mandi, meubeler, ram/bidang miring dan handrail.

  1. Pengelolaan database program dan organisasi

Yang diharapkan dari kegiatan ini adalah Tim Proyek mendapatkan pengetahuan mengelola data program dan organisasi dengan menggunakan aplikasi sederhana, misalnya MS Excel. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah Tim Proyel/YHS dapat menginput dan mengakses dengan cepat dan mudah, menyimpan data dengan aman dan mengolah data yang dapat digunakan untuk pembuatan laporan dan publikasi.

  1. Penggalangan dana untuk organisasi nirlaba

Kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu organisasi agar mampu membangun kemandirian finansial. Paska training, YHS akan menyusun rencana keberlanjutan keuangan organisasi.

 

  1. Kursus Bahasa Inggris

Melalui kegiatan ini, Tim Proyek/YHS ingin mendapat pengetahuan tentang bagaimana menulis berkorespondensi melalui email, menulis laporan dan berita serta proposal dalam Bahasa Inggris. Peserta untuk kegiatan ini adalah Direktur, Koordinator Program dan Staf Keuangan.

 

Gambaran Umum dan Proposal yang Diharapkan

Berikut hal-hal umum yang perlu diketahui dalam mendesain training dan kursus:

  • Setiap training dilaksanakan 2 hari secara berturut-turut. Training yang satu dengan training yang lain dilaksanakan dalam minggu yang berbeda. Peserta training adalah 6-8 orang.
  • Kursus Bahasa Inggris dilaksanakan dalam 10 kali pertemuan dengan dengan range waktu 2 jam. Kegiatan ini dilaksanakan setiap minggu. Peserta kursus adalah 4-5 orang.
  • Fee trainer adalah 3 juta rupiah per training. Sedangkan fee untuk pengajar Bahasa Inggris adalah 5 juta rupiah.
  • Trainer/Pengajar wajib menyiapkan materi presentasi (ppt), modul dan handout
  • Pelamar boleh melamar semua, sebagian atau salah satu paket training/kursus.

Proposal yang Diharapkan adalah:

  • Berisi gagasan dan metode yang praktis (practicable)dan inovatif
  • Mempertimbangkan dan mengintegrasikan situasi dan kebutuhan penyandang disabilitas
  • Realistis, sederhana dan menjawab kebutuhan seperti yang digambarkan dalam deskripsi kegiatan

Metode Pelaksanaan Kegiatan

Mengingat kegiatan ini dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19, maka seluruh kegiatan dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi informasi yang mencakup pembelajaran online (virtual), telepon, email dan aplikasi pesan.

Alternatif metode lain dapat didiskusikan dengan Trainer/Pengajar terpilih dan dapat dilakukan sejauh dipastikan aman, efektif dan tidak melanggar protokol kesehatan.

Tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan yakni:

No.Kegiatan    
JuniJuliAgustusSeptember
1Pengumuman Tender dan Seleksi Trainer/Pengajarv
2Pelaksanaan Trainingvvv
3Pelaksanaan Kursusvvv

 

Waktu pelaksanaan yang lebih spesifik (tanggal kegiatan) akan didiskusikan dengan trainer/pengajar yang terpilih.

Pengajuan Aplikasi

Pelamar yang berminat dipersilahkan mengajukan surat lamaran/ketertarikan dengan melampirkan:

  1. Proposal (sekurang-kurangnya mencantumkan jenis training/kursus yang akan diberikan, rencana kerja dan komponen materi yang akan dijabarkan dalam modul dan handout).
  2. Biodata (pelamar yang memiliki pengalaman dan portopolio yang relevan akan diprioritaskan)
REGISTER/LOGIN to read more, it's FREE
  • This job has expired!
Share this job
Company Information
Connect with us
Contact Us

NGO Job Search

CONTACT US

How we can help ? Please feel free to CONTACT US

About us / Disclaimer

DevJobsIndo.ORG is not affiliated with devjobsindo yahoo mailing groups.MORE