Web Development

Request for Quotation:

Development of Web Platform for Public Figures

Application deadline:

Kamis, November 16, 2017

Place of work:

Jakarta, Indonesia

 

  1. Pendahuluan

Pemilu legislatif 2019 semakin dekat. Perhelatan akbar demokrasi ini sepatutnya menjadi momen penting bagi masyarakat untuk memilih calon terbaik menduduki kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Anggota DPR yang saat ini menjabat umumnya kembali dicalonkan oleh partai politik pengusungnya. Oleh karena itu, informasi mengenai rekam jejak dan kinerja anggota DPR sangat penting diketahui oleh publik, khususnya konstituennya. Informasi tersebut dapat menjadi pertimbangan penting bagi masyarakat untuk mengawasi kinerja DPR dan menentukan apakah mereka layak dipilih kembali sebagai wakil rakyat.

Persoalannya, tidak banyak kanal informasi yang memuat rekam jejak anggota DPR sebelum dan selama menjabat sebagai anggota dewan.

Dalam rangka membuka informasi tersebut, Indonesia Corruption Watch (ICW) membuat kanal informasi online rekamjejak.net. Kanal ini membuka informasi latar belakang dan kinerja anggota DPR. Rekam jejak tersebut khususnya mengenai politik, bisnis, irisan konflik kepentingan, dan sikap atau keterlibatannya pada isu korupsi serta pemberantasan korupsi.

Informasi yang ingin ditampilkan:

  1. Profil anggota DPR

  2. Berita-berita mengenai DPR/ Anggota DPR yang berhubungan dengan isu yang sedang diadvokasi ICW

  3. Analisis ICW mengenai:

  1. Anggota DPR bersangkutan

  2. Kinerja DPR

  3. Isu-isu yang berhubungan dengan korupsi/ pemberantasan korupsi yang mempunyai irisan dengan DPR

  1. Tujuan

Pembuatan kanal rekamjejak.net bertujuan untuk:

  1. Memberikan, menghimpun informasi kepada/ dari publik tentang politik-bisnis dan kinerja/ keberpihakan Anggota DPR sehubungan dengan isu pemberantasan korupsi ( ke depan, subjek rekam jejak tidak hanya DPR RI tetapi seluruh pejabat publik strategis).

  2. Memetakan relasi politik-bisnis anggota DPR.

  3. Mencegah konflik kepentingan dan memperkuat pengawasan publik.

  4. Menyajikan bahan pertimbangan untuk publik memilih atau tidak memilih kembali anggota DPR pada pileg mendatang (2019).

 

C. Target Rekam Jejak

Subjek rekam jejak:

  1. Jangka pendek (2018): Anggota DPR 2014-2019
  2. Jangka panjang (2019-dst): Anggota DPR 2019-2024) dan pejabat publik strategis (Kepala daerah, DPRD, menteri, pimpinan LN, dll).

Pengguna:

    1. Publik (pemilih dalam pemilu, timsel pimpinan LN, dll)

Penyuplai informasi:

    1. ICW/ admin

    2. Jaringan ICW (informasi diverifikasi admin)

    3. Publik/ volunteer terdaftar (informasi diverifikasi admin)

 

      1. Permasalahan

Rekamjejak.net telah dibuat ICW sejak 2015, dimulai dengan menampilkan informasi dasar yang diolah dari data diri anggota dewan bersangkutan dan dilanjutkan dengan penelusuran konflik kepentingan posisi anggota DPR dengan latar belakang bisnis yang dimilikinya.

Namun, ICW akan melakukan perombakan tampilan dan penyajian data. Targetnya adalah tampilan rekamjejak.net menjadi lebih menarik bagi pembaca atau pengguna informasi dan dapat membuat pembaca mau terlibat atau berbagi informasi (sebagai volunteer). Selain itu, terdapat pula analisis yang memudahkan pembaca untuk memahami relasi politik dan bisnis anggota DPR.

      1. Output yang Diharapkan

Output yang diharapkan adalah website Rekam Jejak dengan tampilan sederhana dan menarik orang untuk menggunakan kanal tersebut baik hanya sebagai pembaca atau berbagi informasi.

REGISTER/LOGIN to read more, it's FREE

  • This job has expired!
Share this job

ICW adalah lembaga nirlaba yang terdiri dari sekumpulan orang yang memiliki komitmen untuk memberantas korupsi melalui usaha-usaha pemberdayaan rakyat untuk terlibat/berpartisipasi aktif melakukan perlawanan terhadap praktek korupsi. ICW telah bergerak bersama masyarakat dan terus berkembang untuk makin menggiatkan kerja melawan korupsi.

Information
  • Address Jakarta Selatan
Connect with us

NGO Job Search

CONTACT US

How we can help ? Please feel free to CONTACT US

Disclaimer

DevJobsIndo.ORG is not affiliated with devjobsindo yahoo mailing groups.MORE