REKRUTMEN KONSULTAN IT 81 views

Job Expired

Perkumpulan IDEA (Perkumpulan Ide dan Analitika Indonesia) adalah organisasi yang bergerak dalam hal riset, advokasi, peningkatan  kapasitas dan pengorganisasian warga dengan keberpihakan kepada kelompok rentan yang terhalang aksesnya terhadap pelayanan hak-hak dasar. Visi organisasi adalah terwujudnya kedaulatan rakyat di ranah publik yang ditandai oleh pemenuhan hak-hak sipil dan politik, serta hak-hak ekonomi, sosial dan budaya rakyat. Organisasi juga mempunyai misi mendorong proses-proses politik yang demokratis untuk pemenuhan hak-hak dasar warga melalui perubahan kebijakan, penguatan warga dan peningkatan kesadaran publik.

IDEA bekerjasama dengan HIVOS dan didukung oleh Uni Eropa melaksanakan program Strengthening Public Services through the Empowerment of women-led Advocacy and social audit networks (SPEAK) atau Memperkuat Layanan Publik Melalui Advokasi Pemberdayaan Jaringan Perempuan dan Audit Sosial di Kota Semarang dan Kabupaten Bojonegoro selama 20 bulan.

Salah satu upaya Perkumpulan IDEA untuk meningkatkan akuntabilitas publik pelayanan pemerintah yaitu dengan melakukan asistensi kepada pemerintah daerah. Kabupaten Bojonegoro dan Kota Semarang saat ini telah menggunakan aplikasi LAPOR sebagai platform penanganan aduan warga. Selain menggunakan platform LAPOR, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dan Kota Semarang mengembangkan inovasi dalam penanganan aduan warga di daerah.

Kajian Perkumpulan IDEA bersama konsultan pada Maret 2021 menemukan bahwa beberapa dinas teknis memiliki kanal aduan yang belum terhubung dengan platform LAPOR. Hal tersebut berpotensi menyebabkan hambatan penanganan aduan warga. Kajian di atas juga merekomendasikan bahwa perlu standarisasi atas penjabaran data aduan  dan penanganan aduan di dua daerah sasaran program.

Dalam rangka menindaklanjuti rekomendasi untuk perbaikan sistem informasi yang ada di Kabupaten Bojonegoro dan Kota Semarang, Perkumpulan IDEA membuka rekrutmen konsultan IT. Adapun durasi kerjasama antara Perkumpulan IDEA dengan konsultan kurang lebih selama empat bulan.

TUGAS & TANGGUNG JAWAB

  1. Membangun atau memperbaiki sistem informasi penanganan aduan warga di Kabupaten Bojonegoro dan Kota Semarang.
  2. Memfasilitasi Focus Group Discussion (FGD) dengan jaringan masyarakat sipil dan pemerintah daerah di lokasi Program SPEAK untuk mendukung perbaikan sistem informasi penanganan aduan warga.

KRITERIA

Kriteria konsultan untuk membangun dan/atau memperbaiki sistem informasi penanganan aduan warga di Kabupaten Bojonegoro dan Kota Semarang adalah sebagai berikut:

  1. Berlatar belakang pendidikan Srata 1 (S1) di bidang Sistem Informasi, Ilmu Komputer dan Teknik Informatika.
  2. Berpengalaman langsung dalam membangun sistem informasi yang dikelola pemerintah daerah, khususnya yang berkaitan sistem penanganan aduan warga minimal 1 tahun .
  3. Perseorangan atau tim yang memiliki pengalaman bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten/Kota terutama di lokasi program (Kota Semarang dan Kabupaten Bojonegoro) merupakan kelebihan dalam proses seleksi ini.

PROSEDUR MELAMAR

Mengirimkan proposal yang berisi:

  1. Strategi/pendekatan/rencana kerja yang akan dilakukan untuk memenuhi output
  2. Langkah-langkah pengerjaan penyelesaian output
  3. Timeline tahapan dan penyelesaian pekerjaan
  4. CV calon konsultan (CV tim calon konsultan bila bekerja dalam tim)
  5. Portofolio yang terkait dengan pekerjaan di atas
REGISTER/LOGIN to read more, it's FREE
  • This job has expired!
Email Me Jobs Like These
Showing 1–0 of 0 jobs
Share this job
Connect with us
Contact Us

NGO Job Search

CONTACT US

How we can help ? Please feel free to CONTACT US

About us / Disclaimer

DevJobsIndo.ORG is not affiliated with devjobsindo yahoo mailing groups.MORE