Program Officer Advokasi Kebijakan

YAPPIKA-ActionAid membutuhkan 1 (satu) orang Program Officer  Advokasi Kebijakan

Lingkup kerja utama akan mencakup antara lain:

  1. Mengelola program-program kerja sama dengan mitra-mitra di tingkat nasional maupun daerah, termasuk memfasilitasi/memberikan pelayanan atas kebutuhan mitra-mitra.
  2. Memberikan pendampingan bagi mitra-mitra daerah, khususnya dalam bidang riset aksi dan advokasi kebijakan, serta mengembangkan modul/panduan yang relevan bagi pengembangan mitra-mitra daerah.
  3. Menggagas dan mengelola program-program riset aksi untuk mendukung kebutuhan advokasi kebijakan daerah dan nasional maupun penguatan isu di wilayah kerja YAPPIKA-ActionAid.
  4. Merumuskan strategi peningkatan kapasitas yang dibutuhkan oleh jaringan kerja tingkat nasional dan mitra kerja di daerah di ranah riset aksi untuk perubahan kebijakan dan advokasi, serta secara berkesinambungan mengusahakan terjadinya peningkatan kapasitas jaringan/mitra kerja di daerah sesuai dengan strategi yang dirancang.
  5. Melakukan pengembangan/perluasan program-program kerja yang menjadi bidang tugasnya.
  6. Berkontribusi terhadap pengembangan YAPPIKA-ActionAid secara utuh, dalam rangka mendorong demokratisasi di Indonesia
  7. Melakukan tugas-tugas administratif sesuai dengan bidang kerjanya, termasuk mengelola sumber daya yang berada di bawah tanggung jawabnya
  8. Membangun relasi dengan berbagai jaringan organisasi masyarakat sipil, akademisi, wartawan, serta dengan pengambil kebijakan di tingkat nasional.

Kualifikasi:

  1. Lulus S1 dan diutamakan dari ilmu sosial, politik, hukum, administrasi negara, studi pembangunan.
  2. Berpengalaman minimal 3 (tiga) dalam kerja-kerja riset dan advokasi kebijakan nasional.
  3. Memahami proses perencanaan dan penganggaran tingkat dan nasional.
  4. Memahami kebijakan dan aturan tentang pelayanan publik, khususnya pendidikan dan social security.
  5. Memiliki keterampilan manajerial yang memadai.
  6. Memiliki relasi yang baik dengan OMS, khususnya di tingkat nasional.
  7. Mempunyai kemampuan membangun relasi dan mengelola jaringan untuk advokasi kebijakan.
  8. Mempunyai kemampuan/keterampilan menulis, terutama menulis artikel hasil-hasil riset untuk mendukung advokasi dan kampanye publik/media, laporan dan mengembangkan proposal program.
  9. Mampu mengelola beberapa pekerjaan secara mandiri, maupun bekerja dalam tim.
  10. Terampil menggunakan komputer, khususnya dalam Aplikasi Office (Word, Excel, PowerPoint, dsb.).
  11. Menguasai Bahasa Inggris secara aktif akan diutamakan.
  12. Berkepribadian baik.
  13. Bersedia bekerja dengan jadwal yang fleksibel, serta melakukan perjalanan ke wilayah-wilayah kerja YAPPIKA-ActionAid.

Bagi Anda yang tertarik dan memiliki kualifikasi seperti yang dibutuhkan, silakan mengirimkan berkas lamaran ke:

Fransisca Fitri
Direktur Eksekutif YAPPIKA
Jalan Pedati Raya No. 20 RT 007/009, Jakarta 13350
Fax: (021) 850-0670, 8590-5262

Atau

e-mail ke: office@yappika-actionaid.or.id
subject: Lamaran Kerja ADV

Dimohon menyertakan rekomendasi dari sekurang-kurangnya dua orang (nama dan no. telepon) pada berkas lamaran Anda. Lamaran diterima selambat-lambatnya 4 Februari 2018. Hanya pelamar yang memenuhi kualifikasi saja yang akan kami panggil untuk tes tertulis dan wawancara.

  • This job has expired!
Share this job

Cikal bakal YAPPIKA berawal sejak tahun 1991 dengan terbentuknya Yayasan Persahabatan Indonesia Kanada (YAPIKA) atau Forum Indonesia Kanada (The Indonesia-Canada Forum/ICF). Fungsi YAPIKA pada saat itu adalah sebagai lembaga yang menyalurkan dana kepada organisasi-organisasi nirlaba di Indonesia. Kepengurusan YAPIKA adalah kolektif antara organisasi-organisasi nirlaba Indonesia dan Kanada.

Pada tahun 1997, YAPIKA mengalami perubahan menjadi lembaga Indonesia dan menambah peran-perannya untuk meningkatkan kapasitas organisasi-organisasi nirlaba Indonesia, melakukan advokasi kebijakan nasional pada isu-isu tertentu yang menjadi fokus perhatiannya. Nama YAPIKA pun berubah menjadi Yayasan Penguatan Partisipasi, Inisiatif, dan kemitraan Masyarakat Indonesia (YAPPIKA).

Mulai tahun 2016, YAPPIKA menjadi anggota Federasi ActionAid Internasional. ActionAid adalah federasi organisasi nirlaba yang beranggotakan organisasi-organisasi nirlaba di 45 negara. YAPPIKA-ActionAid memiliki misi yang beririsan, yaitu memerangi kemiskinan dan ketidakadilan. Misi tersebut dilakukan bersama-sama masyarakat.

Information
  • Address DKI Jakarta
Connect with us

NGO Job Search

CONTACT US

How we can help ? Please feel free to CONTACT US

About us / Disclaimer

DevJobsIndo.ORG is not affiliated with devjobsindo yahoo mailing groups.MORE