Produksi video cerita perubahan dan program INVEST DM 2.0 127 views

Job Expired

Latar Belakang:

Mercy Corps Indonesia adalah bagian dari keluarga Mercy Corps global, sebuah organisasi global terkemuka yang didukung oleh keyakinan bahwa dunia yang lebih baik adalah mungkin. Dalam bencana, dalam kesulitan, di lebih dari 40 negara di seluruh dunia, kami bermitra untuk menerapkan solusi berani ke dalam tindakan — membantu orang menang atas kesulitan dan membangun komunitas yang lebih kuat dari dalam.

Program INVEST DM 2.0 (Investing in Human Capital for Disaster Management) merupakan program kerjasama antara Pemerintah Amerika Serikat (melalui USAID) dan Pemerintah Republik Indonesia (melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana, BNPB). INVEST DM 2.0 dirancang sebagai kelanjutan dari program USAID/BHA Technical Assistance and Training Team (TATTs) (2014-2019) dan tahap pertama dari program INVEST DM (Mei 2019-Jan 2021). Program ini difokuskan pada tingkat nasional, dengan banyak intervensi diharapkan dapat diserap oleh daerah. Program ini secara langsung mendukung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam membangun kapasitas sumber daya manusia (reformasi birokrasi dan peningkatan kapasitas) dan kapasitas nasional penanggulangan bencana (PB) melalui inisiatif pendidikan dan pelatihan serta perbaikan sistem dan strategi. Diharapkan inisiatif-inisiatif ini akan berkontribusi pada penguatan institusi PB lokal dan orang-orang di tingkat administrasi utama yang akan lebih siap dan mampu memenuhi mandat mereka untuk memberikan layanan PB yang efektif dan menyelamatkan jiwa.

Pendekatan yang diambil INVEST DM 2.0 adalah “Membangun lingkungan yang mendukung untuk Peningkatan Kapasitas dan Kemandirian” untuk memungkinkan Pemerintah Indonesia dan BNPB merekrut, melatih, mempertahankan, dan mengganti aliran staf yang memenuhi syarat untuk memimpin upaya DRM Pemerintah Indonesia (pencegahan, kesiapsiagaan, respon, dan pemulihan). Program INVEST DM 2.0 bekerja sama dengan mitra BNPB dan unit teknisnya untuk memberikan dukungan konsultasi dan bantuan teknis. Hal ini disesuaikan untuk meneliti, meningkatkan dan/atau mendukung pembentukan, implementasi, dan pengukuran inisiatif pengembangan organisasi. Hal ini akan meningkatkan keterampilan dan memprofesionalkan tenaga kerja untuk mencapai budaya kinerja tinggi. Hal ini akan dicapai melalui dukungan terhadap agenda reformasi BNPB untuk pengembangan organisasi dan manajemen perubahan bagi pegawai negeri dengan:

  1. Berkontribusi dalam pengembangan kapasitas organisasi Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) BNPB.
  2. Membantu Biro Umum dan Sumber Daya Manusia dengan inisiatif perencanaan dan pengembangan tenaga kerja yang ditargetkan untuk meningkatkan manajemen personalia secara keseluruhan.
  3. Memfasilitasi Pusdalops (EoC) untuk memajukan reformasi sistem operasi darurat dan meningkatkan koordinasi pengelolaan data dan komunikasi.
  4. Dukungan kebijakan dan perencanaan kepada departemen Sistem dan Strategi (DSS) untuk memajukan inisiatif kebijakan BNPB yang berkembang yang meningkatkan penyediaan layanan penyelamatan dan kesiapsiagaan BPBD subnasional.

 

Program INVEST DM 2.0 memiliki tujuan dan sasaran menyeluruh, dengan rincian sebagai berikut

GOAL: Lembaga penanggulangan bencana di Indonesia memiliki pendekatan menyeluruh dalam penanggulangan bencana untuk memenuhi mandat mereka dalam memberikan layanan PB dan penyelamatan nyawa yang efektif
Tujuan: Meningkatkan sumber daya manusia dan sistem organisasi BNPB yang diperlukan untuk mengelola dampak dan risiko bencana secara efektif
Sub-Tujuan 1:

Kapasitas sumber daya manusia di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) diperkuat melalui pendidikan, pelatihan (in-service dan pre-service) dan pemenuhan kompetensi inti melalui pelembagaan perencanaan dan pengembangan tenaga kerja dalam penanggulangan bencana.

Sub-Tujuan 2:

BNPB meningkat kapasitasnya untuk mengadopsi dan mengelola inisiatif/pendekatan baru.

 

 

 

 

Intermediate Outcome 1:

Penguatan kapasitas kelembagaan dan percepatan layanan Pusdiklat melalui pengembangan dan pelaksanaan jalur pendidikan dan pelatihan pra-jabatan yang tersertifikasi di bidang penanggulangan bencana (PB) bagi seluruh staf BNPB, lembaga PB di daerah, dan kementerian/lembaga lainnya.

 

Intermediate Outcome 3:

BNPB telah menetapkan dan memperkuat sistem dan strategi Pusat Pengendalian Operasi (EoC) nasional sebagai upaya peningkatan kapasitas tenaga kerja dan membangun keterkaitan dengan unit kerja terkait seperti Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi (Pusdatinkom)

Output 1.1: Pusdiklat memiliki kapasitas untuk melaksanakan pelatihan daring.

Output 1.2: Pusdiklat mampu mengimplementasikan mekanisme akreditasi bagi penyelenggara pelatihan di bidang penanggulangan bencana.

Output 1.3: Pusdiklat mampu mengembangkan mekanisme pembelajaran dari bencana.

Output 1.4: LSP-PB memiliki satu rencana strategis dan berfungsi sebagai badan sertifikasi profesi.

Output 1.5: Penguatan kerjasama teknis untuk pertukaran pengetahuan dan memnbangun jaringan dengan penyedia layanan pendidikan dan pelatihan eksternal (FEMA/EMI, US DOD, NDPTC, Texas A&M, CDP).

Output 1.6: Pusdiklat memiliki kapasitas untuk menerapkan rekomendasi dari analisis inventarisasi dan (pendirian politeknik penanggulangan bencana) peta jalan program pendidikan pra jabatan (diploma) bagi aparatur sipil negara yang baru masuk.

Output 1.7: Pengembangan dan pelaksanaan pelatihan koordinasi sipil-militer dalam penanganan kedaruratan  bencana (terkait dengan Output 1.1 dan Output 1.5).

Output 3.1: Penguatan peran dan fungsi Pusdalops melalui berfungsinya Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK), kebijakan dan prosedur.

Output 3.2: Kemampuan staf Pusdalops BNPB ditingkatkan guna mendukung peran dan fungsinya.

Output 3.3: Pusdalops PB memiliki kapasitas untuk mendukung Pusdalops di daerah.

Output 3.4: Pusdatinkom memiliki sistem informasi yang terintegrasi dan dapat diimplementasikan secara operasional.

 

Intermediate Outcome 2:

BNPB memiliki kapasitas untuk menyusun dan mengelola perencanaan dan pengembangan SDM melalui implementasi Rencana Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Intermediate Outcome 4:

BNPB memiliki kapasitas untuk mengembangkan sistem dan strategi yang efektif dalam mendukung pemerintah daerah mengimplementasikan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Sub-Urusan Bencana Daerah

Output 2.1: BNPB memiliki rencana rekrutmen dan retensi yang memenuhi kebutuhan dan kompetensi posisi struktural dan fungsional.

Output 2.2: BNPB didukung untuk menerapkan rencana pembelajaran seumur hidup dan pengembangan profesional yang berkesinambungan bagi SDM.

Output 2.3: BNPB memiliki sistem dan data terintegrasi  untuk mengendalikan dan mengelola kinerja para pegawai (termasuk mekanisme menangani umpan balik dan keluhan untuk sumber daya manusia).

Output 2.4: BNPB didukung untuk menerapkan dan memonitor rencana terkait aspek kesetaraab gender dan inklusi sosial (kebijakan, prosedur, dan prakteknya).

Output 4.1:  Mekanisme daftar ahli penilaian risiko BNPB sudah diterapkan dan ditingkatkan.

Output 4.2:  BNPB memiliki rencana strategis untuk mendirikan dan mengoperasionalkan kantor regional BNPB.

Output 4.3: BNPB memiliki kemampuan untuk mengimplementasikan mekanisme dukungan pelaksanaan SPM Sub-Urusan Bencana Daerah Kabupaten/Kota (SPM PB).

 

INVEST DM 2.0, ingin membuat video untuk mempromosikan program INVEST DM 2.0 dan menampilkan beberapa cerita perubahan. Tujuan dari penugasan ini adalah untuk menunjukkan nilai tambah INVEST DM 2.0, yang menunjukkan peningkatan pembelajaran dan sistem organisasi yang dalam jangka menengah hingga panjang berpotensi untuk memprofesionalkan tenaga kerja dan mengubah budaya organisasi BNPB menjadi budaya yang berkinerja tinggi.

INVEST DM telah menugaskan dan memobilisasi tim konsultan yang bekerja untuk menangkap dan membuat cerita perubahan melalui metode MSC (Most Significant Change). Cerita-cerita perubahan tersebut akan dikomunikasikan lebih lanjut dalam bentuk video oleh konsultan terpilih. Oleh karena itu, pada tahap tertentu, konsultan terpilih diharapkan untuk berkonsultasi dengan konsultan MSC dan cerita perubahan untuk memahami konteks, perubahan/dampak, pesan utama dari cerita, dll.

 

Tujuan konsultasi

Program ini mencari jasa konsultan/tim/perusahaan untuk memproduksi program INVEST DM 2.0 dan video cerita perubahan. Kami mencari tim yang berpikiran kreatif untuk membawa ide dan pendekatan baru ke video promosi dan peningkatan kesadaran kelas atas untuk audiens yang ditargetkan, antara lain; Praktisi PRB, Donor, Pemerintah, LSM, akademisi/pakar, media, dan komunitas PRB internasional. Lokasi penugasan ini akan berada di Jakarta (kantor BNPB).

2.1. Tim konsultan diharapkan:

  1. Untuk membuat dua video berkualitas tinggi yang secara akurat menginformasikan, mempromosikan, dan menampilkan program INVEST Dm 2.0 dan cerita perubahan kepada audiens yang disasar
  2. Merencanakan dan melaksanakan tugas produksi video sesuai dengan konsep produksi secara keseluruhan; membuat produk video tersedia dalam berbagai format; mengamati standar merek; memastikan konsistensi dan relevansi dengan produksi.

2.2. Tujuan khusus dari konsultan ini adalah untuk:

  1. Bekerja bersama BNPB dan tim INVEST DM 2.0 dengan staf/pakar teknis yang relevan untuk membuat video kreatif yang akurat, unik, dan menarik untuk meningkatkan pemahaman program dan cerita perubahan.
  2. Mengembangkan konsep, storyboard, dan skrip video yang meningkatkan kesadaran dan menyampaikan pesan-pesan utama kepada khalayak sasaran secara jelas dan meyakinkan.
  3. Mengembangkan jadwal produksi, koordinasikan, wawancara, tulis, rekam, dan edit konten kreatif yang selaras dengan persyaratan branding dan penandaan
  4. Mengumpulkan informasi dari informan kunci yang relevan, termasuk pemangku kepentingan terkait jika diperlukan
  5. Mempresentasikan film ke tim
  6. Menyelesaikan film dengan memasukkan input yang muncul dari presentasi kepada tim Proyek.

 

Hasil:

  1. Dua buah video dengan kualitas yang tinggi, masing-masing berdurasi maksimal 15 menit
  2. Narasi, terjemahan, dan subtitle dalam bahasa Inggris dan dengan bahasa isyarat
  3. Storyboard dan skrip
  4. Hak penggunaan penuh untuk musik (atau musik yang hak ciptanya telah diberikan).

 

Durasi

Total 15 hari kerja dalam rentang waktu 20 September 2022 s.d 30 Oktober 2022

 

Konsultan akan melaporkan kepada:

INVEST DM 2.0 Sr. KM, spesialis penelitian dan komunikasi, spesialis Sr. MEAL

 

Konsultan akan bekerja sama dengan:

BNPB dan tim INVEST DM 2.0. Konsultan terpilih diharapkan untuk terlibat dalam komunikasi sehari-hari dengan INVEST DM 2.0 dan BNPB. Konsultan yang dipilih harus memelihara hubungan kerja yang efektif dengan BNPB dan mengkonsolidasikan metodologi untuk memastikan bahwa BNPB benar-benar terlibat aktif dalam pembuatan film tsb.

INVEST DM 2.0 akan memfasilitasi komunikasi selama masa kontrak dan akan berpartisipasi aktif dalam koordinasi, pengawasan, dan pelaksanaan pekerjaan ini. Ini mungkin termasuk penyesuaian dalam implementasi yang dianggap perlu oleh INVEST DM 2.0.

 

Kualifikasi

  1. Individu, tim atau organisasi mempunyai kemampuan dalam membuat video
  2. Minimal 4 tahun pengalaman professional dalam membuat video, mengedit video dan fotografi
  3. Menguasai teknik yang bagus tentang videografi
  4. Lebih disukai yang mengerti dan faham audien yang mennjadi target.
  5. Konsultan harus melengkapi dan mengirimkan outline pekerjaan pada akhir Oktober 2022.

 

Keanekaragaman, Kesetaraan & Inklusi

Mencapai misi kami dimulai dengan bagaimana kami membangun tim kami dan bekerja sama. Melalui komitmen kami untuk memperkaya organisasi kami dengan orang-orang dari berbagai asal, keyakinan, latar belakang, dan cara berpikir, kami lebih mampu memanfaatkan kekuatan kolektif tim kami dan memecahkan tantangan paling kompleks di dunia. Kami berjuang untuk budaya kepercayaan dan rasa hormat, di mana setiap orang menyumbangkan perspektif dan diri mereka yang otentik, mencapai potensi mereka sebagai individu dan tim, dan berkolaborasi untuk melakukan pekerjaan terbaik dalam hidup mereka.

Kami menyadari bahwa keragaman dan inklusi adalah sebuah perjalanan, dan kami berkomitmen untuk belajar, mendengarkan, dan berkembang menjadi lebih beragam, setara, dan inklusif daripada saat ini.

 

Kesempatan Kerja yang Setara

Kita berkomitmen untuk menyediakan lingkungan yang saling menghormati dan keamanan psikologis di mana kesempatan kerja yang setara tersedia bagi semua orang. Kami tidak terlibat dalam atau menoleransi diskriminasi berdasarkan ras, warna kulit, identitas gender, ekspresi gender, agama, usia, orientasi seksual, asal kebangsaan atau etnis, kecacatan (termasuk status HIV/AIDS), status perkawinan, status veteran militer, atau kelompok lindung lainnya di lokasi tempat kami bekerja.

 

Pengamanan & Etika

Anggota tim Mercy Corps Indonesia diharapkan untuk mendukung semua upaya menuju akuntabilitas, khususnya kepada pemangku kepentingan kami dan standar internasional yang memandu pekerjaan bantuan dan pembangunan internasional, sambil secara aktif melibatkan masyarakat sebagai mitra setara dalam desain, pemantauan, dan evaluasi proyek lapangan kami. Anggota tim diharapkan untuk berperilaku profesional dan menghormati hukum setempat, adat istiadat, serta kebijakan, prosedur, dan nilai MCI setiap saat dan di semua tempat dalam negeri.

 

Pengajuan Aplikasi

Calon kandidat mengirimkan lamaran ke procurement@id.mercycorps.org selambat – lambatnya tanggal 26 September 2022 dengan subjek “Production of INVEST DM 2.0 and Change Program Video” dengan melampirkan:

  1. Surat lamaran pekerjaan yang berisikan pengalaman terkait dengan pembuatan video dan link contoh video sebelumnya yang pernah dibuat (baik dalam Bahasa Inggris dan atau Bahasa Indonesia)
  2. CV terupdate yang relevan dengan kegiatan pembuatan video
  3. Proposal berisi usulan/ide kreatif, rencana kerja, dan detail anggaran
  4. Memberikan tiga nama referensi.

 

Terima Kasih,

Mercy Corps Indonesia

  • This job has expired!
Share this job
Connect with us
Contact Us

NGO Job Search

CONTACT US

How we can help ? Please feel free to CONTACT US

About us / Disclaimer

DevJobsIndo.ORG is not affiliated with devjobsindo yahoo mailing groups.MORE