Partnership & Procurement Officer (PPO) Du’Anyam 2018

Latar Belakang

Du’Anyam, sebuah kewirausahaan sosial yang bertujuan untuk memberdayakan perempuan dan meningkatkan kesehatan ibu dan anak melalui produksi dan pemasaran produk kerajinan anyaman daun lontar di daerah terpencil Indonesia. Saat ini, Du’Anyam bekerja sama dengan lebih dari 450 ibu-ibu penganyam di 17 desa di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan telah meningkatkan pendapatan mereka sebsar 40%. Du’Anyam juga telah memasok lebih dari 30.000 produk kerajinan anyaman bagi hotel, perusahaan, maupun pembeli retail di Indonesia maupun di manca negara.

Setelah mendapatkan dana investasi serta memenangkan beberapa kompetisi wirausaha sosial baik di tingkat nasional maupun internasional, Du’Anyam berniat untuk mengembangkan bisnisnya dan memperluas dampak sosialnya. Setelah berhasil memajukan industry kerajinan anyaman di Flores Timur, NTT, kini Du’Anyam berniat untuk mereplikasi program pengembangan ekonomi perempuannta ke daerah-daerah lain di Indonesia, termasuk Papua, Kalimantan Timur, dan Jawa Timur.

 

Tujuan Umum

Tujuan umum dari perekrutan adalah untuk mendukung Du’Anyam dalam mengembangkan dan memproduksi kerajinan anyaman yang berkualitas, fungsional, dan sesuai dengan selera pasar guna mendukung keberlanjutan (sustainability) dari program dan dampak sosial Du’Anyam bagi para perempuan di daerah terpencil Indonesia.

 

Tanggung Jawab dan Tugas

Partnership and Procurement Officer (PPO), dengan koordinasi dengan Operations Coordinator (OC) dan pengawasan langsung oleh Direktur Utama Du’Anyam memiliki tanggung jawab dan tugas sebagai berikut:

  • Mengkoordinasi berjalannya kegiatan pengadaan barang dan jasa Du’Anyam bersama dengan PMO Du’Anyam yang termasuk namun tidak terbatas pada (FL)
  • Melakukan pengelolaan pengadaan barang yang terkait dalam alur produksi Du’Anyam, yang termasuk namun tidak terbatas pada pengadaan bahan baku, mesin, dan produk tambahan lainnya
  • Memastikan ketersediaan barang yang dibutuhkan dalam proses produksi melalui mekanisme audit dan kontrol stok dengan berkoordinasi dengan OC, Inventory Control Officer (ICO), dan Procurement Assistant (PrA) Du’Anyam.
  • Mencari dan melakukan negosiasi dengan pemasok barang dan jasa untuk bisa mendapatkan perjanjian pembelian terbaik terutama dalam hal kualitas, harga, syarat pembayaran, waktu pengadaan, dan layanan yang bisa didapat dari pemasok.
  • o Membantu melakukan analisa biaya (cost analysis) untuk memastikan barang dan jasa yang digunakan dalam proses produksi memiliki nilai yang terbaik untuk biaya yang dikeluarkan (best value for money) dan memastikan biaya produksi sesuai dengan rencana biaya yang disetujui
  • Menjaga komunikasi dan hubungan bersama mitra-mitra pemangku kepentingan untuk menjaga kerja sama dengan Du’Anyam dan mewakilkan Du’Anyam dalam rapat-rapat bersama mitra-mitra pemangku kepentingan yang ada sebagaimana dibutuhkan.
  • Berkomunikasi secara berkala dengan OC, ICO, dan PrA serta apabila dibutuhkan dengan Direktur Utama Du’Anyam untuk melaporkan perkembangan kegiatan.
  • Menyiapkan laporan aktivitas dan keuangan sesuai dengan pedoman Du’Anyam dan menyerahkan laporan-laporan tersebut kepada OC dan tim terkait di Du’Anyam.
  • Membuat notulen rapat dan draf surat-surat sebagaimana dibutuhkan.
  • Melakukan tugas lain yang berkaitan dengan proyek sebagaimana dibutuhkan, termasuk namun tidak terbatas pada hal-hal yang terkait dengan kewirausahaan sosial Du’Anyam dan program kesehatan yang direncanakan untuk komunitas wanita usia hamil dan penganyam.

Pelaporan dan Koordinasi

PPO akan melapor kepada OC dan apabila dibutuhkan langsung kepada Direktur Utama. PPO akan diminta untuk bekerja secara independen dengan arahan dari OC dan Direktur Utama serta selalu berkoordinasi dengan ICO dan PrA.

Kurun Waktu dan Tanggung Jawab

Tugas PPO akan dimulai secepatnya, untuk jangka waktu 1 tahun dan PPO akan melalui masa percobaan pada 3 bulan pertama. PPO akan bekerja penuh waktu dengan jam kerja selama 8 jam sehari dan 5 hari kerja seminggu (Senin – Jumat). Apabila PPO diperlukan untuk bekerja di luar hari kerja (di luar Senin – Jumat), akan ada kompensasi lembur yang akan diberikan kepada PPO.

Kemampuan dan Kualifikasi

  • Lulusan S1 dari universitas berakreditasi dengan jurusan apapun
  • Minimal 1 tahun pengalaman kerja dalam bidang pengadaan barang / pembelian, administrasi, manajemen produk, produksi (manufacturing), logistik dan supply chain, retail (merchandising, atau kewirausahaan(fresh graduates dipersilahkan untuk mendaftar)
  • Memiliki kemampuan komunikasi, koordinasi, dan diplomasi yang baik
  • Mampu bekerja dengan pengawasan minimum serta memiliki tingkat motivasi diri yang tinggi
  • Memiliki jiwa kewirausahaan dan mau menjadi bagian dari sebuah kewirausahaan sosial yang masih akan terus berkembang
  • Memiliki antusiasme dalam proyek pengembangan komunitas dan penurunan tingkat kemiskinan serta ingin membuat perubahan di dalam masyarakat
  • Mampu mengoperasikan Microsoft Office, terutama Word, Excel, dan PowerPoint
  • Kemampuan mengendarai sepeda motor merupakan nilai tambah
  • Fleksibel dalam bekerja dan bepergian sesuai kebutuhan program

 

 Bahasa:

Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kemampuan berbahasa Inggris akan menjadi nilai tambah.

Lokasi Penempatan: 

Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia

Cara Mendaftar:

REGISTER/LOGIN to read more, it's FREE
Only candidates can apply for this job.

NGO Job Search

CONTACT US

How we can help ? Please feel free to CONTACT US

About us / Disclaimer

DevJobsIndo.ORG is not affiliated with devjobsindo yahoo mailing groups.MORE