LOWONGAN: Tenaga Ahli Pengembangan Panduan dan Modul Pendidikan Seksualitas Komprehensif Berbasis Komunitas

Latar belakang

Aliansi Satu Visi (ASV) merupakan jejaring 22 organisasi di Indonesia yang begerak di isu Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR) dan Kekerasan Berbasis Gender dan Seksual (KBGS). Di dalam Rencana Strategis 2017-2020, salah satu program prioritas ASV yaitu melakukan standardisasi panduan dan modul terkait program HKSR. Program Get Up Speak Out (GUSO) merupakan program yang diampu oleh ASV sejak 2016 hingga 2020. Penerima manfaat akhir program ini adalah remaja (10-24 tahun), khususnya remaja yang dimarginalisasi oleh sistem karena latar belakang  sosial ekonomi, identitas seksual dan gender, maupun situasi kesehatan mereka.

Oleh karena itu, semua area hasil pada program GUSO harus memberikan manfaat terbaik bagi remaja-remaja tersebut, termasuk untuk area hasil ketiga yang terkait pemberian informasi dan edukasi seksualitas yang komprehensif untuk remaja dilingkungan sekolah dan diluar sekolah/komunitas.

Menindaklanjuti program diatas, Aliansi Satu Visi akan mengembangkan  panduan dan modul pendidikan seksualitas yang komprehensif berbasis komunitas yang ditujukan khususnya untuk remaja luar sekolah, terkait kebutuhan tersebut Aliansi Satu Visi membuka posisi:

 

Konsultan ahli pengembangan panduan dan modul pendidikan seksualitas yang komprehensif berbasis komunitas

Panduan Pendidikan seksualitas yang komprehensif berbasis komunitas, pendekatan berbasis komunitas telah banyak dikembangkan dalam program-program promosi kesehatan, termasuk terkait Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi, karena pendekatan ini mampu mengatasi kompleksitas masalah dan situasi sosial, serta mampu memberikan layanan dan intervensi yang relevan dengan situasi masyarakat (Secor-Turner et al. 2010). Pendekatan ini berpotensi memberikan metode-metode yang efektif dalam menyampaikan pendidikan seksualitas yang komprehensif di lingkungan yang konservatif dimana isu-isu sensitif jarang dapat didiskusikan di sekolah (Cushman et al. 2014; Fisher et al. 2012).

Untuk pengembangan modul tersebut, berikut rencana kerja utama konsultan

  1. Desk review
  2. Pengembangan instrumen dan tools assesmen kebutuhan
  3. Pengambilan data di lapangan
  4. Pengembangan draf dan revisi panduan dan modul.
  5. Memfasilitasi serial meeting
  6. Fasilitasi pelatihan uji coba panduan dan modul
  7. Finalisasi panduan dan modul

 

Konsultan ahli yang kami butuhkan :

  1. Mempunyai pengalaman/rekam jejak mengembangkan modul pendidikan HKSR;
  2. Memiliki pemahaman dan perspektif berbasis hak asasi manusia terkait isu sosial dan komunitas, khususnya remaja di luar sekolah;
  3. Mempunyai pengalaman bekerja dengan komunitas, khususnya remaja di luar sekolah;
  4. Memiliki pemahaman dan perspektif berbasis hak asasi manusia terkait isu HKSR serta kekerasan berbasis gender dan seksual (KBGS);
  5. Pendidikan tingkat master ilmu keguruan/kesehatan masyarakat/bidang sosial lain yang relevan terkait isu kesehatan, HKSR, dan gender dengan pengalaman lapangan minimal 3 tahun;
  6. Memiliki kemampuan interpersonal yang baik dan mampu bekerja dalam tim dengan sangat baik;
  7. Mampu memfasilitasi pertemuan dan workshop serta uji coba panduan dan modul.
REGISTER/LOGIN to read more, it's FREE

 

 

 

  • This job has expired!
Share this job

Rutgers WPF Indonesia is a centre of expertise organisation on reproductive health, sexuality and the prevention of sexual and gender-based violence. Rutgers WPF Indonesia develops programs to improve young people’s access towards comprehensive sexual education and youth-friendly services, as well as encourages men’s engagement to prevent gender-based violence. Rutgers WPF Indonesia works together with partners in the local level. The organisation has proven its track record in the related fields and its innovations in the policy advocacy, research, gender-transformative approach and supporting local partners. Rutgers WPF Indonesia works with more than 18 partners in 13 provinces around Indonesia.

 

For further information:

info@rutgerswpfindo.org

Phone: +6221 7191406

Fax: +6221 7180117

Facebook: Rutgers WPF Indonesia

Twitter: @rutgerswpfindo

 

Information
  • Address Jakarta Selatan
Connect with us

NGO Job Search

CONTACT US

How we can help ? Please feel free to CONTACT US

Disclaimer

DevJobsIndo.ORG is not affiliated with devjobsindo yahoo mailing groups.MORE