Lembaga penyedia survei intervensi penyadartahuan para pihak sebagai bagian pemantauan dan evaluasi kegiatan Conflict Resolution Unit (CRU)

Terms of Reference
Lembaga penyedia survei intervensi penyadartahuan para pihak sebagai bagian pemantauan dan evaluasi kegiatan Conflict Resolution Unit (CRU)
Latar Belakang
Conflict Resolution Unit adalah sebuah unit di bawah Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD) yang berkomitmen untuk mendukung upaya mediasi konflik lahan dan pengelolaan sumber daya alam di Indonesia. CRU diinisiasi oleh KADIN sebagai bentuk realisasi komitmen para anggotanya terhadap praktik usaha yang berkesinambungan.
Jumlah konflik penggunaan lahan dan pengelolaan sumber daya alam di Indonesia terus bertambah, tetapi pemahaman dan penerapan mediasi yang efektif masih memerlukan perbaikan. Kehadiran CRU ditujukan untuk meningkatkan kepercayaan publik bahwa mediasi adalah alternatif yang efektif untuk menyelesaikan konflik lahan dan pengelolaan sumber daya alam di Indonesia. Walaupun CRU tidak secara langsung melakukan mediasi konflik, CRU menyediakan berbagai layanan untuk mendukung proses mediasi agar dapat dilaksanakan sesuai praktik terbaik.
Sejak pendiriannya pada tahun 2016 hingga akhir tahun 2017, CRU bersama para mitra telah melakukan beberapa inisiatif yang mendukung upaya mediasi konflik lahan dan pengelolaan sumber daya alam (SDA) di Indonesia. Salah satunya adalah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kapasitas para pihak yang diimplementasikan dalam bentuk penyelenggaraan pelatihan, lokakarya hingga diseminasi informasi berupa sosialisasi hasil penelitian. Penelitian baseline tentang pengetahuan, sikap dan praktik kerja terkait mediasi sumber daya alam dan lahan yang telah dilakukan oleh CRU sebelumnya menyimpulkan bahwa praktik kerja yang terkait mediasi konflik masih dapat ditingkatkan walaupun pengetahuan tentang mediasi telah cukup diketahui. Hal ini antara lain disebabkan pemahaman tentang mediasi termasuk proses mediasi dengan praktek terbaik masih kurang atau tidak terdistribusi merata.
Selanjutnya untuk dapat mengoptimalkan upaya CRU dalam membangun kepercayaan publik terhadap mediasi, terutama memastikan kegiatan penyadartahuan tentang proses mediasi dengan praktek terbaik optimal maka diperlukan adanya informasi yang dapat mengukur dampak dari intervensi kegiatan CRU. Informasi ini akan menjadi referensi CRU dalam menyediakan merancang kegiatan terkait penyadartahuan mediasi konflik SDA dan lahan sesuai dengan praktik terbaik di Indonesia.
Atas maksud itu, CRU bermaksud untuk mencari lembaga survei yang akan menjalankan survei intervensi kegiatan penyadartahuan sebagai bagian dari pemantauan dan evaluasi kegiatan CRU. Survei ini bertujuan untuk mengukur dampak intervensi CRU pada kegiatan penyadartahuan dan peningkatan kapasitas para pihak yang diselenggarakan pada periode tahun 2016 hingga tahun 2017.

Timeline

Survei diharapkan dapat selesai dalam waktu 1 bulan (Mei-Juni 2018).

 

REGISTER/LOGIN to read more, it's FREE
  • This job has expired!

NGO Job Search

CONTACT US

How we can help ? Please feel free to CONTACT US

Disclaimer

DevJobsIndo.ORG is not affiliated with devjobsindo yahoo mailing groups.MORE