KONSULTANT OUTCOME SURVEY DAN FINAL REPORT KORIDOR RIMBA 100 views

Job Expired

Latar Belakang

KORIDOR RIMBA merupakan implementasi Peraturan Presiden No. 13 tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Pulau Sumatera, yang selanjutnya disebut sebagai Koridor RIMBA. Lanskap Koridor RIMBA seluas 3,8 juta hektar meliputi Provinsi Riau, Jambi dan Sumatera Barat serta 19 Kabupaten di dalamnya merupakan salah satu koridor ekosistem yang sudah ditetapkan dalam Perpres. Pengelolaan di Koridor RIMBA harus merefleksikan upaya perlindungan keanekaragaman hayati dan memberikan kontribusi terhadap peningkatan kawasan hutan lindung yang ditargetkan seluas 40% dari total pulau Sumatera.

Berangkat dari Rencana Tata Ruang Pulau Sumatera tersebut, WWF Indonesia telah mengembangkan Program yang merupakan inisiatif pengelolaan ekosistem berbasis tata ruang yang mengintegrasikan dan memperkuat konektivitas hutan dan ekosistem melalui investasi dan modal alam (natural capital), konservasi keanekaragaman hayati dan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) melalui skema Pembangunan Ekonomi Hijau yang disebut Program RIMBA. Sejalan dengan Program RIMBA yang dikembangkan, pada awal 2016 WWF Indonesia mendapat dukungan pendanaan dari Millenium Challange Account – Indonesia (MCA-I) untuk jendela Proyek Kemakmuran Hijau (Green Prosperity Project), dengan konsep kegiatan yang diberi judul “Strengthening Natural Resource Management and Increasing Carbon Stocks Across Central Sumatra by Enhancing Forest Ecosystem Connectivity and Alleviating Poverty through Green Economic Development”.

Dalam kerangka pembangunan ekonomi hijau, Program RIMBA bertujuan untuk: (1) memelihara fungsi ekosistem dalam jangka panjang; (2) meningkatkan kesejahteraan manusia dan keadilan sosial melalui praktik-praktik pengelolaan yang lestari dan berbasis masyarakat; (3) mengurangi risiko sosial dan lingkungan serta kelangkaan ekologis. Program RIMBA-MCAI ini fokus pada 3 kluster yaitu:

 

  1. Kluster 1 : Dharmasraya (Provinsi Sumatera Barat), Kuantan Singingi dan Kampar (Provinsi Riau), Tebo (Provinsi Jambi)
  2. Kluster 2 : Tanjung Jabung Timur dan Muaro Jambi (Provinsi Jambi)
  3. Kluster 3 : Merangin dan Kerinci (Provinsi Jambi)

 

Program RIMBA yang didukung oleh MCA-I ini telah efektif berjalan sampai Quarterly 6 pada saat ini. Keberhasilan program ini selain memerlukan partisipasi aktif para pihak baik pemerintah pusat dan daerah, dan peran aktif masyarakat, swasta, perlu ada koordinasi secara reguler di internal staff RIMBA khususnya para Manajer Cluster untuk saling memberikan masukan dan informasi serta memecahkan permasalahan ataupun kendala yang dihadapi saat implementasi kegiatan program di lapangan. Mengingat padatnya jadwal Project Implementation Coordinator (PIC) RIMBA dalam memastikan semua kegiatan berjalan sesuai tata waktu dan melaporkan secara tepat waktu disertai dokumen-dokumen pendukung.

 

Pada bulan Februari 2018, diharapkan WWF indonesia Program RIMBA sudah menyerahkan Laporan Final Proyek, dan Laporan Survey Outcome harus sudah selesai sebelum Final Report dibuat, artinya sekitar bulan Januari paling lambat Outcome survey sudah harus dilakukan dan ada laporannya. Untuk menunjang kelancaran pelaporan Final kepada Donor diperlukan pelaporan yang tepat waktu dan meminimalisir ketidaklengkapan dokumen pendukung dalam pelaporan serta memastikan semua outcome tertcapai beserta output dan deliverablesnya. Dengan demikian diperlukan konsultan Outcome Survey baik untuk penggalian data ataupun pelaporan serta Konsultan Final Project Report untuk membantu Project Implementation Coordinator dalam penyiapan laporan Final proyek yang harus diserahkan kepada Donor di bulan Februari 2018.

 

Output Kegiatan

Hasil dari kegiatan ini adalah;.

  1. Adanya Laporan Study Outcome Survey Proyek Koridor RIMBA dalam English yg disetujui oleh MCAI
  2. Adanya Laporan Final Project RIMBA dalam Bahasa English yang disetujui oleh MCAi

 

Posisi yang dibutuhkan

  • 1 – Orang Konsultan Outcome Survey Proyek Koridor RIMBA
  • 1 – Orang Konsultan Final Report Proyek Koridor RIMBA
  • 4 – Orang Konsultan Asisten Laporan/Studi Proyek Koridor RIMBA

Periode Kontrak

Konsultan Outcome survey – Periode Kontrak adalah 3 bulan, dari tanggal 1 Desember 2017 s/d 28 Februari 2018.

Konsultan Final Report – Periode Kontrak adalah 3 bulan, dari tanggal 1 Januari 2017 s/d 26 Maret 2018.

Konsultant Asisten Laporan/Studi Proyek Koridor RIMBA – Periode Kontrak Desember 2017– Maret 2018

Tugas Utama

  1. Konsultan Outcome Survey

LINGKUP PEKERJAAN Konsultan outcome survey bertugas untuk:

  1. Mengembangkan tools, metode, dan outline Laporan outcome survey Kegiatan Program RIMBA yang ditujukan untuk Donor.
  2. Membuat desain dan menggali data untuk Laporan Outcome survey yang disepakati dan disetujui oleh Donor, baik di kantor ataupun Lapangan.
  3. Membuat Laporan Outcome survey yang disepakati dan disetujui oleh Donor dalam bahasa Inggris.

 

  1. Konsultan Final Report

LINGKUP PEKERJAAN Konsultan Final Report bertugas untuk:

  1. Mengembangkan tools, metode, dan outline Laporan Final Project- Program RIMBA yang ditujukan untuk Donor.
  2. Membuat desain dan menggali data untuk Laporan Final yang disepakati dan disetujui oleh Donor, baik di kantor ataupun Lapangan.
  3. Membuat Laporan Final Project yang disepakati dan disetujui oleh Donor dalam bahasa Inggris.
  4. Melakukan pekerjaan lainnya sesuai instruksi supervisor.

 

  1. Konsultant Asisten Laporan/Studi:

 

LINGKUP PEKERJAAN Konsultan Asisten bertugas untuk:

 

  1. Mendukung pengumpulan data lapangan
  2. Membantu analisa data dan laporan analisa
  3. Membantu menyusun laporan

Tenaga Konsultan Outcome Survey dan Final Report Report serta Konsultan Asisten berada dibawah supervisi Project Implementation Coordinator dan Team Leader Proyek MCAI RIMBA. Dalam melaksanakan tugasnya, konsultan harus mematuhi ketentuan administrasi  dan prosedur WWF Indonesia.

Kualifikasi Konsultan

  • Pendidikan minimal S1 dari studi yg relevan
  • Untuk Konsultan Outcome Survey dan Laporan Final Proyek memiliki pengalaman kerja di NGO/Perguruan Tinggi paling sedikit 10 tahun
  • Memiliki pengalaman membuat Studi Outcome survey atau Laporan Final Project dalam Bahasa English
  • Untuk Konsultant Asisten minimal berpengalaman dalam studi 1 tahun.
  • Dapat melakukan kunjungan lapangan dan fasilitasi pertemuan
REGISTER/LOGIN to read more, it's FREE
  • This job has expired!
Share this job
Connect with us
Contact Us

NGO Job Search

CONTACT US

How we can help ? Please feel free to CONTACT US

About us / Disclaimer

DevJobsIndo.ORG is not affiliated with devjobsindo yahoo mailing groups.MORE