Konsultan Uji Coba Perangkat Penilaian Lembaga Penanggulangan Bencana Daerah (LPBD) 64 views

Job Expired

Latar Belakang:

Program INVEST DM 2.0 (Investing in Human Capital for Disaster Management) adalah program kerjasama antara Pemerintah Amerika Serikat (melalui USAID) dan Pemerintah Republik Indonesia (melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana, BNPB). INVEST DM 2.0 dirancang sebagai kelanjutan dari program Technical Assistance and Training Team (TATTs) USAID/BHA (2014-2019) dan program INVEST DM tahap pertama (Mei 2019-Jan 2021)[1]. Program ini secara langsung mendukung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam membangun kemampuan sumber daya manusianya (reformasi birokrasi dan peningkatan kapasitas) dan kapasitas penanggulangan bencana (PB) nasional melalui inisiatif pendidikan dan pelatihan serta peningkatan sistem dan strategi. Inisiatif-inisiatif ini diharapkan akan berkontribusi pada penguatan institusi PB daerah dan orang-orang di tingkat administrasi utama yang akan lebih siap dan mampu memenuhi mandat mereka untuk memberikan layanan PB yang efektif dan menyelamatkan nyawa.

Salah satu kegiatan yang berkontribusi untuk tercapainya peningkatan sistem dan strategi penanggulangan bencana yang andal, invatif, kolaboratif dan implementatif adalah kapasitas lembaga penanggulangan bencana daerah. Lembaga Penanggulangan Bencana Daerah LPBD) merupakan Oganisasi Perangkat Daerah (OPD) yang melaksanakan upaya penanggulangan bencana di daerah. LPBD melakukan fungsi koordinasi, komando, dan pelaksana dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana di daerah. Semenjak ditetapkannya Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, pemerintah provinsi wajib membentuk lembaga penanggulangan bencana. Sementara pemerintah kabupaten/kota boleh membentuk lembaga penanggulangan bencana sesuai kebutuhan masing-masing daerah. Seiring perkembangan dan dinamika tata kelola pemerintahan, penyelenggaraan penanggulangan bencana telah menjadi urusan wajib layanan dasar bagi pemerintah di tingkat kabupaten/kota sebagaimana diatur di dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 101 Tahun 2018. Dengan demikian,  Kualitas lembaga penanggulangan bencana daerah harus ditingkatkan agar mampu memberikan pelayanan bagi setiap warga negara di daerah rawan bencana sebagaimana telah diamanatkan di dalam aturan yang berlaku.

Untuk mendukung pengembangan BPBD, direktorat Sistem Penanggulangan Bencana BNPB telah menyusun dua buah perangkat penilaian sebagai strategi penguatan sistem penanggulangan bencana di daerah. Perangkat penilaian yang telah disusun adalah (1) Standar Pengembangan Daerah Aman Bencana (SPDAB) untuk pembaharuan Indeks Ketahanan Daerah (IKD) yang merupakan upaya untuk mengukur kapasitas penanggulangan bencana di wilayah administrasi, baik ditingkat kabupaten, kota dan provinsi, penilaian tersebut merupakan salah satu elemen dalam penyusunan peta kapasitas dan selanjutnya dapat memutakhirkan peta risiko, dan (2) Sistem Pengembangan Lembaga Penanggulangan Bencana Daerah (Sistem pengembangan LPBD) yang dapat memberikan kerangka model pengembangan dan mutu kelembagaan penanggulangan bencana di daerah dalam mewujudkan tata kelola risiko bencana yang bertaraf internasional

INVEST DM 2.0 akan mendukung BNPB dalam melakukan review perangkat penilaian  lembaga penanggulangan bencana daerah (LPBD) melalui uji coba di DKI Jakarta.

Tujuan / Deskripsi Kegiatan:

Tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan ujicoba operasional dan efektivitas dari perangkat penilaian lembaga penanggulangan bencana daerah (LPBD) dan memberikan rekomendasi untuk penyempurnaan alat penilaian dan dokumen rancang bangun sistem pengembangan LPBD.

Kegiatan Konsultan:

Untuk melaksanakan kegitan tersebut, tugas-tugas yang akan dijalankan termasuk namun tidak terbatas pada:

  1. Persiapan pelaksanaan uji coba perangkat penilaian LPBD
    • Mempersiapkan metodologi dan rencana kerja dan konsultasikan dengan INVEST DM 2.0, BNPB, dan BPBD DKI untuk persetujuan.
    • Mengadakan briefing dan pendampingan teknis kepada BNPB dan BPBD DKI Jakarta terkait dengan hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum pelaksanaan, seperti jadwal interview, posisi yang akan diinterview dan dokumen yang perlu dipersiapkan.
  2. Pelaksanaan uji coba perangkat penilaian LPBD di DKI Jakarta
    • Melaksanakan uji coba perangkat penailain LPBD di DKI Jakarta secara offline maupun online jika dibutuhkan.
    • Memfasilitasi keseluruhan proses penilaian.
    • Memastikan data dan informasi yang akurat serta terdokumentasi dengan baik.
    • Mendokumentasikan dengan baik proses penilaian, umpan balik untuk perangkat penilaian dan hasil uji coba penilaian.
    • Memastikan daftar pengumpulan data, daftar respondents dan hasil interview masing-masing respondents.
  3. Evaluasi dan rekomendasi untuk perbaikan
    • Memfasilitasi sesi evaluasi proses pelaksanaan dan juga perangkat penilain LPBD dengan melibatkan BNPB, BPBD DKI Jakarta dan INVEST DM 2.0.
    • Membuat laporan hasil penilaian BPBD DKI Jakarta.
    • Membuat rekomendasi untuk perbaikan perangkat penilaian.
    • Konsultasi dan mempresentasikan laporan kepada BNPB dan INVEST DM 2.0.

Hasil Pekerjaan (Deliverables) Konsultan:

  1. Rencana kerja yang akan dipresentasikan kepada BNPB, BPBD DKI dan INVEST DM 2.0.
  2. Laporan hasil penilaian dengan menggunakan perangkat penilaian LPBD di BPBD DKI Jakarta, yang terdiri dari:
    1. Latar belakang dan informasi umum tentang BPBD DKI Jakarta.
    2. Data dan informasi tentang kapasitas BPBD DKI Jakarta, serta analisanya
  • Rekomendasi bagaimana meningkatkan angka / tingkatan nilai / hasil penilaian BPBD DKI Jakarta.
  1. Daftar pengumpulan data, tabulasi data, daftar respondents dan hasil interview masing-masing responden / transkrip selama interview.
  1. Laporan tentang hasil uji coba perangkat penilaian LPBD, yang terdiri dari:
    • Isu dan masalah (misalnya pengorganisasian, perencanaan, waktu, dll.) yang ditemukan selama ujicoba perangkat penilaian.
    • Rekomendasi penyempurnaan alat penilaian dan dokumen rancang bangun sistem pengembangan LPBD.

Lini Masa/Jadwal:

Konsultasi ini diperkirakan selama 16 hari efektif, dari awal Desember 2021 sampai akhir Januari 2022.

Pelaporan:

Konsultan akan memberikan laporan kepada INVEST DM 2.0 Institutional Capacity Building Specialist. Konsultan akan bekerja juga dengan INVEST DM 2.0 Senior DRM Systems and Strategy Specialist dan Deputy Chief of Party, BNPB, dan BPBD DKI.

Kualifikasi:

Konsultan harus memilki kualifikasi, kompetensi, dan pengalaman sebagai berikut:

  • Memiliki pengalaman minimal 5 tahun dalam perencanaan dan pengembangan organisasi.
  • Memiliki keahlian teknis dalam managemen risiko bencana, dengan pengalaman yang signifikan bekerja dengan pemerintah di pusat dan daerah.
  • Berpengalaman bekerja dengan struktur organisasi dan tata kerja institusi pemerintah Indonesia. Kandidat harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang budaya dan proses bisnis pemerintah dengan berpengalaman bekerja dengan BNPB dan BPBD
  • Berpengalaman dalam memfasilitasi diskusi/dialog kalangan pemerintah.
  • Berpengalaman dalam melakukan assessment, evaluasi atau kajian di bidang pengelolaan bencana atau pembangunan.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan menulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Cara Mendaftar:

Kandidat (individu/tim) yang berminat dapat mengirimkan CV dan penawaran harga (dalam Rupiah dan sudah termasuk pajak) ke procurement@id.mercycorps.org dengan subjek email “LPDB” sebelum 25 November 2021. Hanya kandidat yang memenuhi kualifikasi yang akan dihubungi kembali.

 

Diversity, Equity & Inclusion

Achieving our mission begins with how we build our team and work together. Through our commitment to enriching our organization with people of different origins, beliefs, backgrounds, and ways of thinking, we are better able to leverage the collective power of our teams and solve the world’s most complex challenges. We strive for a culture of trust and respect, where everyone contributes their perspectives and authentic selves, reaches their potential as individuals and teams, and collaborates to do the best work of their lives.

We recognize that diversity and inclusion is a journey, and we are committed to learning, listening and evolving to become more diverse, equitable and inclusive than we are today.

Equal Employment Opportunity

We are committed to providing an environment of respect and psychological safety where equal employment opportunities are available to all. We do not engage in or tolerate discrimination on the basis of race, color, gender identity, gender expression, religion, age, sexual orientation, national or ethnic origin, disability (including HIV/AIDS status), marital status, military veteran status or any other protected group in the locations where we work.

Safeguarding & Ethics

Mercy Corps Indonesia team members are expected to support all efforts toward accountability, specifically to our stakeholders and to international standards guiding international relief and development work, while actively engaging communities as equal partners in the design, monitoring and evaluation of our field projects. Team members are expected to conduct themselves in a professional manner and respect local laws, customs and MCI’s policies, procedures, and values at all times and in all in-country venues.

 

 

[1] Selanjutnya, istilah INVEST DM menunjukkan program INVEST DM fase 1 (2019-2021), sementara istilah INVEST DM 2.0 menunjukkan fase kedua dari program INVEST DM.

  • This job has expired!
Share this job
Connect with us
Contact Us

NGO Job Search

CONTACT US

How we can help ? Please feel free to CONTACT US

About us / Disclaimer

DevJobsIndo.ORG is not affiliated with devjobsindo yahoo mailing groups.MORE