Konsultan – Studi Kelayakan: Pengembangan Bimbingan Teknis Daring untuk Penyusunan Rencana Operasi Penanganan Darurat Bencana 24 views

Job Expired

Project: Technical Assistance to BNPB on COVID-19

LATAR BELAKANG

Di bawah pendanaan USAID/OFDA, Mercy Corps Indonesia mengimplementasikan program “Investing in Human Capital for Disaster Management (INVEST-DM)” di tingkat nasional. INVEST-DM bekerja untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam mengembangkan dan meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah dalam memenuhi mandat mereka untuk memberikan layanan manajemen risiko bencana yang efektif dan penyelamatan jiwa. Dalam implementasinya INVEST-DM berupaya memberikan pendekatan holistik untuk mendukung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menerapkan prinsip-prinsip yang berperspektif pada kerangka kerja inklusif gender dan disabilitas.

Berdasarkan serangkaian diskusi dengan pimpinan senior BNPB, telah memunculkan kebutuhan penyediaan penasihat teknis untuk memperkuat kapasitas personil yang ditunjuk di BNPB dalam menanggapi pandemi yang berkembang  dengan cepat. Kebutuhan tersebut khususnya dalam bentuk pendampingan teknis, bimbingan, dan  pelatihan just in-time untuk kepemimpinan dalam struktur Komando dan Kendali Nasional. Menjawab kebutuhan BNPB tersebut, INVEST-DM berkontribusi pada penyediaan tenaga ahli yang akan bekerja bersama dengan tim Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB untuk mengembangkan dan memperkuat sistem dan respons yang operasional.

Untuk mendukung fungsi Pusdalops BNPB dalam penyiapan koordinasi penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria di bidang pengendalian operasi penanganan darurat bencana, INVEST DM akan memfasilitasi sebuah studi kelayakan (feasibility study) dalam menyediakan layanan pembelajaran/bimbingan teknis secara daring untuk penyusunan rencana operasi penanganan darurat bencana. Layanan pembelajaran secara daring ini merupakan sebuah strategi untuk memperluas cakupan bimbingan teknis yang diberikan oleh Pusdalops BNPB kepada seluruh pihak yang berperan penting dalam penanganan darurat bencana di Indonesia. Layanan pembelajaran daring untuk penyusunan rencana operasi diharapkan dapat diberikan kepada public melalui situs daring Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) BNPB, atau situs daring lainnya di dalam lingkup BNPB.

Tim konsultan harus dapat bekerja bersama Pusdalops dan Pusdiklat di BNPB serta tim INVEST DM dan memastikan keterlibatan seluruh pihak dalam setiap tahapan kegiatan.

TUJUAN JASA KONSULTAN

Tujuan dari jasa konsultasi studi kelayakan ini adalah untuk mendapatkan masukan dari pakar tentang pengembangan bimbingan teknis (pelatihan) secara daring, terutama dalam hal:

  1. Syarat dan kondisi ideal yang dibutuhkan untuk bimbingan teknis (pelatihan) yang efektif dan operasional
  2. Kondisi actual dan kesenjangan kapasitas Pusdalops BNPB dalam menyelenggarakan layanan pembelajaran daring
  3. Rekomendasi terhadap kebutuhan sumberdaya, kebijakan dan tahap-tahap pembangunan daring (termasuk perkiraan biaya dan waktu), terutama bimtek daring tentang penyusunan rencana operasi penanganan darurat bencana.

KELUARAN

Keluaran dari kegiatan ini adalah sebuah dokumen laporan dan presentasi studi kelayakan tentang penyelenggaraan bimbingan teknis (pelatihan) secara daring untuk penyusunan rencana operasi penanganan darurat bencana.

RUANG LINGKUP KEGIATAN

Konsultan atau tim konsultan akan mengkaji seluruh aspek (antara lain infrastruktur, manajemen dan pedagogi) yang dibutuhkan dalam menyediakan layanan bimbingan teknis secara daring untuk penyusunan rencana operasi penanganan darurat bencana, antara lain namun tidak terbatas pada:

  1. Ketersediaan infrastruktur pembelajaran daring (antara lain: platform, perangkat keras, pengoperasian dan perawatan, dll);
  2. Manajemen penyelenggaraan bimbingan teknis daring
  3. Ketersediaan dan pengembangan kurikulum dan modul
  4. Perencanaan dan tahapan pengembangan (termasuk waktu dan biaya)

JANGKA WAKTU / JADWAL

Jangka waktu pelaksanaan studi ini diperkirakan hingga 5 (lima) hari kerja pada bulan September 2020, termasuk alokasi waktu untuk memaparkan laporan studi kelayakan kepada tim INVEST DM, Pusdalops dan Pusdiklat BNPB.

PELAPORAN

Konsultan akan melapor ke Deputy Chief of Party INVEST DM dan Lead Emergency Operations Management Advisor. Konsultan akan bekerja bersama tim program INVEST DM, Pusdalops BNPB dan pihak-pihak yang relevan (misalnya Pusdatin dan Pusdiklat BNPB) selama pelaksanaan studi ini.

KUALIFIKASI

  • Konsultan perlu memiliki pengalaman minimum 5 tahun dalam pengembangan pembelajaran online yang berkualitas
  • Memiliki pengalaman kerja dalam mengembangkan platform e-leaning untuk Pemerintah Indonesia akan lebih baik.
  • Memiliki pemahaman kebutuhan dan permasalahan IT dalam institusi
  • Memiliki kemampuan bekerja dalam tim dan lingkungan yang kolaboratif
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik secara verbal maupun dalam penulisan laporan

CARA MENDAFTAR

Silahkan kirimkan aplikasi Anda ke procurement@id.mercycorps.org dengan subjek “FS RenOps_INVEST DM” dengan melampirkan CV Anda dan lembar biodata yang telah dilengkapi (dapat diperoleh di tautan ini: https://bit.ly/2ZboIDS) paling lambat 23 September 2020. Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi.

Terima Kasih,

Yayasan Mercy Corps Indonesia

  • This job has expired!
Email Me Jobs Like These
Showing 1–0 of 0 jobs
Share this job
Connect with us
Contact Us

NGO Job Search

CONTACT US

How we can help ? Please feel free to CONTACT US

About us / Disclaimer

DevJobsIndo.ORG is not affiliated with devjobsindo yahoo mailing groups.MORE