Konsultan Pengembangan Modul Pelatihan Koordinasi Sipil Militer dalam Penanggulangan Bencana di Indonesia 58 views

Latar Belakang:

INVEST DM 2.0, program yang didanai USAID yang dilaksanakan oleh Mercy Corps, bermitra dengan BNPB untuk mendukung BNPB dalam memperkuat peran, fungsi, dan tanggung jawabnya untuk mengisi kesenjangan di area prioritas. Bidang dukungan meliputi peningkatan kapasitas teknis dari kesiapsiagaan, tanggap darurat, dan pemulihan; perencanaan dan pengembangan kebijakan; tata kelola/kelembagaan; dan pengembangan organisasi. Semua ini bermuara pada satu aspek: pengembangan sumber daya manusia. Tujuan utama Program INVEST DM 2.0 adalah untuk memperkuat kapasitas lembaga penanggulangan bencana di Indonesia dan sumber daya di berbagai tingkat administrasi sehingga mereka dapat memenuhi mandatnya dalam menyediakan layanan penanggulangan bencana yang efektif dan menyelamatkan jiwa.

INVEST DM 2.0 memfasilitasi kerjasama antara Pusdiklat BNPB dan Center for Excellence in Disaster Management (CFE-DM) untuk mengembangkan modul pelatihan Koordinasi Sipil-Militer (CMC). Modul akan didasarkan pada draf kurikulum pelatihan CMC yang ada dengan topik/kursus berikut:

Mata PelajaranJam Pelajaran – JP
Dinamika Kelompok3
Pengantar Koordinasi Sipil Militer dalam Penanggulangan Bencana4
Peran koordinasi Sipil – Militer dalam Penanggulangan Bencana4
Pemangku kepentingan dalam koordinasi Sipil Militer di bidang Penanggulangan Bencana4
Strategi dan Pedoman dalam Koordinasi Sipil Militer di bidang Penanggulangan Bencana5
 Prinsip-prinsip Koordinasi Sipil Militer di bidang Penanggulangan Bencana4
Kerjasama Sipil Militer dalam pengerahan logistik penanggulangan bencana6
Kaji Cepat & Pencarian dan Penyelamatan dalam Upaya Penanggulangan Bencana12
Komando dan Pengendalian dalam Operasi Penanggulangan Bencana8
Total50

 

Pengembangan modul akan mengikuti standar dan prosedur Pusdiklat. Diharapkan bahwa materi-materi pelatihan akan berdasarkan pada teori dan praktik-praktik baik internasional dan nasional yang ada tentang koordinasi sipil-militer dalam penganganan darurat dan kemanusiaan.

Kami saat ini sedang mencari tenaga ahli individu atau tim tenaga ahli untuk mengembangkan draf modul pelatihan sebagaimana tersebut di atas.

Tujuan / Deskripsi Proyek:

Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung Pusdiklat PB BNPB dalam mengembangkan modul pelatihan Koordinasi Sipil Militer dalam Penanggulangan Bencana di Indonesia.

Kegiatan Konsultan:

Dalam penugasan ini, Konsultan terpilih dengan arahan INVEST DM 2.0, akan melakukan kegiatan-kegiatan berikut untuk memperkuat kapasitas Pusdiklat PB BNPB dalam mengembangkan pelatihan Koordinasi Sipil Militer:

  • Melakukan konsultasi dengan para Widyaiswara dan para pejabat/staf di Pusdiklat serta unit BNPB terkait dan pemangku kepentingan lainnya, INVEST DM 2.0.
  • Melakukan desk review terhadap literatur yang relevan
  • Menyusun draf awal modul pelatihan dan mendiskusikan dengan Koordinator Widyaiswara, INVEST DM 2.0, dan Widyaiswara untuk mendapatkan umpan balik;
  • Menyusun draf kedua modul pelatihan sebagai penyempurnaan berdasarkan umpan balik yang diterima dari Pusdiklat PB dan INVEST DM 2.0;
  • Memfasilitasi Trainers’ Convention untuk menyelesaikan draf ketiga/akhir modul pelatihan yang akan diujicobakan;
  • Memfasilitasi pilot training dan menerima umpan balik dari peserta pelatihan dan widyaiswara untuk melihat bagaimana draf akhir pelatihan dilaksanakan dengan baik;
  • Finalisasi modul pelatihan akhir berdasarkan umpan balik yang diterima selama pilot training.

 

Consultant Deliverables:

Konsultan wajib menyerahkan kepada INVEST DM 2.0 hasil kerja berikut:

Deliverable

No.

UraianPerkiraan Waktu
1Interim report and rencana kerjaMinggu I April 2023
2Draft awal modul pelatihanMinggu I Mei 2023
3Draf kedua modul pelatihan yang telah diperbaiki berdasarkan umpan balikMinggu III Mei 2023
4Draft ketiga modul pelatihan untuk diujicobakan melalui Pilot TrainingMinggu I Juni 2023
6Menghadiri Pilot Training dan menerima umpan balik modul pelatihan dari peserta pelatihan dan widyaiswara.Minggu II Juni 2023
7Draft Final Modul pelatihan Koordinasi Sipil MiliterMinggu III Juni 2023

 

Periode kerja dari April 2023 hingga Juni 2023, dengan input secara berkala sesuai dengan jadwal waktu tersebut di atas.

Konsultan akan melapor kepada:

INVEST DM 2.0, Workforce Planning and Development Advisor

Konsultan akan bekerja sama dengan:

Para widyaiswara dan pimpinan Pusdiklat, serta tim INVEST DM 2.0 dan khususnya dengan Workforce Planning and Development Advisor dengan masukan sesuai kebutuhan dari Senior Knowledge Management, Communications and Research Specialist, Senior Senior GEDSI Specialist, Senior Monitoring and Evaluation Specialist.

Pengawasan dan dukungan yang ketat akan diberikan oleh INVEST DM 2.0. Konsultan terpilih diharapkan untuk terlibat dalam komunikasi sehari-hari dengan INVEST DM 2.0 dan BNPB. Konsultan terpilih harus menjaga hubungan kerja yang efektif dan mengonsolidasikan metodologi untuk memastikan bahwa BNPB memahami pekerjaan secara menyeluruh.

INVEST DM 2.0 akan memfasilitasi komunikasi selama periode kontrak dan akan berpartisipasi aktif dalam koordinasi, pengawasan, dan pelaksanaan pekerjaan ini. Ini juga termasuk penyesuaian implementasi yang dianggap perlu oleh INVEST DM 2.0.

 

Persyaratan pengetahuan dan keahlian:

Konsultan atau tim konsultan harus memiliki kualifikasi sebagai berikut:

  • Pengalaman dalam mengembangkan kurikulum dan modul pelatihan untuk orang dewasa
  • Pengalaman melakukan pelatihan Manajemen Penanganan Darurat dan Koordinasi Sipil-Militer dalam tanggap darurat dan kemanusiaan.
  • Pendidikan lanjutan dalam Pendidikan dan Pelatihan, Kebijakan Publik, Manajemen Bencana, atau disiplin yang relevan dari lembaga yang diakui dan bereputasi baik.
  • Minimal 10 tahun menunjukkan keahlian, keterampilan, dan pengalaman bekerja di posisi pimpinan pemerintah, organisasi antar pemerintah, multilateral, atau internasional, khususnya dalam manajemen bencana, darurat, dan bantuan kemanusiaan.
  • Memiliki pemahaman yang mendalam dalam mengembangkan desain pelatihan, kurikulum, silabus, modul pelatihan Penanggulangan Bencana, khususnya peraturan pemerintah tentang koordinasi sipil militer.
  • Kemahiran Bahasa Indonesia yang sangat baik dalam keterampilan berbicara maupun menulis. Kemahiran berbahasa Inggris akan bermanfaat.

 

Cara melamar

Calon kandidat harus mengirimkan proposal teknis mereka yang menguraikan (a) strategi dan pendekatan yang diusulkan; (b) CV personel kunci, kredensial akademik, dan penawaran harga yang sudah termasuk pajak ke procurement@id.mercycorps.org dengan subjek “Tenaga Ahli Pelatihan di bidang koordinasi sipil dan militer” sebelum 25 Maret 2023. Hanya kandidat yang memenuhi kualifikasi akan dihubungi.

Keragaman, Kesetaraan & Inklusi

Mencapai misi kita dimulai dengan bagaimana kita membangun tim kita dan bekerja sama. Melalui komitmen kami untuk memperkaya organisasi kami dengan orang-orang dari berbagai asal, keyakinan, latar belakang, dan cara berpikir, kami lebih mampu memanfaatkan kekuatan kolektif tim kami dan menyelesaikan tantangan paling kompleks di dunia. Kami berjuang untuk budaya kepercayaan dan rasa hormat, di mana setiap orang menyumbangkan perspektif dan jati diri mereka, mencapai potensi mereka sebagai individu dan tim, dan bekerja sama untuk melakukan pekerjaan terbaik dalam hidup mereka.

Kami menyadari bahwa keragaman dan inklusi adalah sebuah perjalanan, dan kami berkomitmen untuk belajar, mendengarkan, dan berkembang untuk menjadi lebih beragam, setara, dan inklusif daripada saat ini.

Kesempatan Kerja yang Setara

Kami berkomitmen untuk menyediakan lingkungan yang menghormati dan keamanan psikologis di mana kesempatan kerja yang setara tersedia untuk semua. Kita tidak terlibat dalam atau mentolerir diskriminasi atas dasar ras, warna kulit, identitas gender, ekspresi gender, agama, usia, orientasi seksual, asal kebangsaan atau etnis, kecacatan (termasuk status HIV/AIDS), status perkawinan, status veteran militer atau kelompok lain yang dilindungi di lokasi tempat kami bekerja.

Pengamanan & Etika

Anggota tim Mercy Corps Indonesia diharapkan untuk mendukung semua upaya menuju akuntabilitas, khususnya kepada pemangku kepentingan kami dan standar internasional yang memandu pekerjaan bantuan dan pembangunan internasional, sambil secara aktif melibatkan masyarakat sebagai mitra yang setara dalam desain, pemantauan, dan evaluasi proyek lapangan kami. Anggota tim diharapkan untuk berperilaku secara profesional dan menghormati undang-undang, kebiasaan, dan kebijakan, prosedur, dan nilai MCI setempat setiap saat dan di semua tempat di dalam negeri.

 

Terima Kasih

Only paid candidates can apply for this job.
Share this job
Connect with us
Contact Us

NGO Job Search

CONTACT US

How we can help ? Please feel free to CONTACT US

About us / Disclaimer

DevJobsIndo.ORG is not affiliated with devjobsindo yahoo mailing groups.MORE