Konsultan Pengembangan Jalur Peningkatan Kapasitas untuk Pelatih (Widyaiswara) Penanggulangan Bencana di Pusdiklat PB BNPB 73 views

Job Expired

Latar belakang:

Mercy Corps Indonesia adalah bagian dari Mercy Corps global, sebuah organisasi global terkemuka yang didukung oleh keyakinan bahwa dunia yang lebih baik adalah mungkin. Dalam situasi bencana dan dalam kesulitan, di lebih dari 40 negara di seluruh dunia, kami bermitra untuk menerapkan solusi berani ke dalam tindakan — membantu orang menang atas kesulitan dan membangun komunitas yang lebih kuat dari dalam.

Program Investing in Human Capital for Disaster Management (INVEST DM) 2.0 di Indonesia dimulai pada 17 Mei 2021. INVEST DM 2.0 melanjutkan pencapaian program Technical Assistance and Training Teams (TATTs) USAID/BHA (2014-2019) dan tahap pertama program INVEST DM (Mei 2019-Jan 2021). Bantuan program difokuskan pada tingkat nasional, dengan banyak intervensi diharapkan dapat berdampak di level sub-nasional. Hal Ini secara langsung mendukung Pemerintah Indonesia (GOI) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam membangun kemampuan tenaga kerjanya (reformasi birokrasi dan peningkatan kapasitas) dan kapasitas PB nasional melalui inisiatif pendidikan dan pelatihan serta sistem dan strategi yang ditingkatkan yang akan berkontribusi pada penguatan institusi DRM sub-nasional dan orang-orang di tingkat administrasi yang akan lebih siap dan mampu memenuhi mandat mereka untuk memberikan layanan DRM yang efektif dan menyelamatkan nyawa.

Tujuan / Deskripsi Proyek:

Hasil 1 memastikan bahwa “ Kapasitas organisasi Pusdiklat diperkuat dan penyampaian layanannya dipercepat dengan mengembangkan dan menerapkan pelatihan in-service dan jalur pendidikan pra-jabatan bersertifikasi Penanggulangan Bencana (DM) yang sesuai untuk tenaga kerja di seluruh BNPB, Institusi PB Sub-nasional, dan lembaga Pemerintah Indonesia (GOI) lainnya. Outcome ini terdiri dari 6 Output :

Output 1.1:     Pusdiklat memiliki kapasitas untuk melaksanakan pelatihan online.

Output 1.2:     Pusdiklat telah menerapkan mekanisme akreditasi penyelenggara pelatihan.

Output 1.3:     Pusdiklat telah mengembangkan mekanisme pembelajaran kebencanaan.

Output 1.4:     LSP-PB memiliki rencana strategis dan berfungsi sebagai lembaga sertifikasi profesi.

Output 1.5:     Kerjasama teknis untuk pertukaran, pembelajaran dan hubungan dengan penyedia pendidikan dan pelatihan eksternal diperkuat (FEMA/EMI, US DOD, NDPTC, Texas A&M, CDP).

Output 1.6:     Pusdiklat memiliki kapasitas untuk melaksanakan rekomendasi dari analisis inventarisasi dan roadmap (pembentukan Politeknik DM) program studi prajabatan (diploma) PNS.

INVEST DM 2.0 memberikan dukungan peningkatan kapasitas kepada Pusdiklat BNPB dan para pelatih atau Widyaiswara, melakukan evaluasi berkala untuk mendapatkan masukan tentang bagaimana proses pelaksanaan kegiatan dapat berlanjut secara efektif dan mencapai tujuan. Dalam diskusi baru-baru ini dengan pelatih (wiydiswara), mereka mengemukakan perlunya para pelatih ditingkatkan kapasitasnya agar dapat melaksanakan tugasnya dengan lebih baik.

Konsultasi ini akan berkontribusi pada persiapan kegiatan di bawah Output 1.1 di atas.

Tujuan Konsultan:

Tujuan keseluruhan dari penugasan konsultansi ini adalah untuk memberikan dukungan dalam mengembangkan jalur peningkatan kapasitas bagi pelatih penanggulangan bencana di Pusdiklat PB BNPB.

Kegiatan Konsultan:

Konsultan akan melakukan kegiatan sebagai berikut:

  • Penilaian kapasitas pelatih (widyaiswara) saat ini di Pusdiklat PB BNPB. Melakukan penilaian kapasitas, observasi kelas (sebagai bagian dari proses pedagogi, instruktur, dan evaluasi pelatih)
  • Mengembangkan perencana atau kerangka untuk peningkatan kapasitas pelatih (widyaiswara) PB dalam jangka pendek dan jangka panjang. Mengidentifikasi perubahan programatik yang dibutuhkan pelatih (wiydiswara) di lingkungan Pusdiklat PB BNPB yang dapat diterapkan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Penekanan harus ditempatkan pada pembangunan kapasitas untuk pedagogi, pelatihan online dan pengembangan kurikulum.
  • Menyiapkan policy brief dan mempresentasikan (slide deck) temuan dan rekomendasi ke Pusdiklat PB dan memasukkan umpan balik
  • Menyelenggarakan 1-2 pelatihan/pembinaan terpilih tentang topik-topik tertentu yang terkait dengan penyampaian pelatihan dan pedagogi sebagaimana disepakati dengan tim Pusdiklat & INVEST DM 2.0.
  • Menyusun laporan penyelesaian kegiatan

Hasil Konsultan:

Konsultan akan menghasilkan kiriman berikut dengan upaya perkiraan 20 hari:

  1. Review kapasitas pelatih DM di Pusdiklat PB BNPB.
  2. Mengembangkan jalur/rencana untuk pengembangan kapasitas pelatih DM.
  3. Menyelenggarakan 1-2 pelatihan/pembinaan terpilih tentang topik-topik tertentu yang terkait dengan penyampaian pelatihan dan pedagogi sebagaimana disepakati dengan tim Pusdiklat & INVEST DM 2.0.
  4. Laporan penyelesaian kegiatan.

Jangka waktu / Jadwal:

Konsultasi akan dimulai pada bulan Juni – September 2022.

Konsultan akan melaporkan kepada:

Manajer Program INVEST DM Outcome 1

Konsultan akan bekerja sama dengan:

Pusdiklat PB, Widyaiswara (pelatih), Manajer Program INVEST DM Outcome 1, COP, DCOP, VET and Training Coordinator, the Program Principle of UHM.

Pengalaman & Keterampilan yang Dibutuhkan:

Kriteria pemilihan untuk menilai kapasitas teknis konsultan meliputi ;

  • Magister dalam pendidikan, pelatihan, atau disiplin ilmu terkait lainnya.
  • Setidaknya 10 tahun pengalaman yang relevan dalam pendidikan atau pengembangan kapasitas.
  • Pengetahuan yang luas tentang pelatihan dan pendidikan orang dewasa (pedagogi) dan proses pengembangan kapasitas
  • Pengetahuan yang baik tentang Manajemen Risiko Bencana baik teori maupun praktik, khususnya dalam konteks Indonesia, akan bermanfaat
  • Pengetahuan tentang pelatihan & pendidikan Pusdiklat PB & DM.
  • Memahami konsep kesetaraan gender dan inklusi sosial.
  • Menunjukkan kemampuan untuk memimpin pembangunan konsensus dan pendekatan partisipatif selama proses kolaboratif untuk mencapai produk akhir
  • Keterampilan interpersonal yang kuat dan kemampuan untuk bekerja dengan beragam pemangku kepentingan dari pemerintah, kementerian, dan LSM.
  • Pengalaman bekerja dengan instansi pemerintah seperti kementerian dan BNPB.
  • Komentar yang kuat (tertulis dan lisan) dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia termasuk penulisan dan penyuntingan laporan.

Cara Mendaftar (hanya untuk Warga Negara Indonesia):

Calon kandidat mengirimkan CV dan penawaran harga melalui email ke procurement@id.mercycorps.org dengan subjek “ CB Pathways “ selambat-lambatnya tanggal 23 Juni 2022. Hanya kandidat yang memenuhi kualifikasi dan pengalaman yang dibutuhkan yang akan dihubungi.

 

Keanekaragaman, Kesetaraan & Inklusi

Mencapai misi kami dimulai dengan bagaimana kami membangun tim kami dan bekerja sama. Melalui komitmen kami untuk memperkaya organisasi kami dengan orang-orang dari berbagai asal, keyakinan, latar belakang, dan cara berpikir, kami lebih mampu memanfaatkan kekuatan kolektif tim kami dan memecahkan tantangan paling kompleks di dunia. Kami berusaha keras untuk budaya kepercayaan dan rasa hormat, di mana setiap orang menyumbangkan perspektif dan diri mereka yang otentik, mencapai potensi mereka sebagai individu dan tim, dan berkolaborasi untuk melakukan pekerjaan terbaik dalam hidup mereka.

Kami menyadari bahwa keragaman dan inklusi adalah sebuah perjalanan, dan kami berkomitmen untuk belajar, mendengarkan, dan berkembang menjadi lebih beragam, setara, dan inklusif daripada saat ini.

Kesempatan Kerja yang Setara

Kita berkomitmen untuk menyediakan lingkungan yang saling menghormati dan keamanan psikologis di mana kesempatan kerja yang setara tersedia bagi semua orang. Kami tidak terlibat dalam atau menoleransi diskriminasi berdasarkan ras, warna kulit, identitas gender, ekspresi gender, agama, usia, orientasi seksual, asal kebangsaan atau etnis, kecacatan (termasuk status HIV/AIDS), status perkawinan, status veteran militer atau kelompok dilindungi lainnya di lokasi tempat kami bekerja.

Pengamanan & Etika

Anggota tim Mercy Corps Indonesia diharapkan untuk mendukung semua upaya menuju akuntabilitas, khususnya kepada pemangku kepentingan kami dan standar internasional yang memandu pekerjaan bantuan dan pembangunan internasional, sambil secara aktif melibatkan masyarakat sebagai mitra setara dalam desain, pemantauan , dan evaluasi proyek lapangan kami. Anggota tim diharapkan untuk berperilaku secara profesional dan menghormati hukum setempat, kebiasaan dan kebijakan, prosedur, dan nilai MCI setiap saat dan di semua tempat dalam negeri.

  • This job has expired!
Share this job
Connect with us
Contact Us

NGO Job Search

CONTACT US

How we can help ? Please feel free to CONTACT US

About us / Disclaimer

DevJobsIndo.ORG is not affiliated with devjobsindo yahoo mailing groups.MORE