Konsultan Pembuatan Peta Jalan Sistem Informasi Zoonosis/EIDs (SIZE) 132 views

Job Expired

Konsultan Pembuatan Peta Jalan Sistem Informasi Zoonosis/EIDs (SIZE)

 

Country of work: Indonesia

Period of Performance: 15 Mei  – 15 September 2020

Maximum number of days: 40 Hari

 

Latar Belakang

Indonesia adalah salah satu bagian dari hot spots penyakit menular atau Emerging Infectious Diseases (EIDs) dikarenakan endemisitas zoonosis termasuk penyakit Flu Burung dan penyakit menular potensial lainnya. Kebiasaan rutin terkait surveilans masih belum menjadi bagian dari skala prioritas. Menurut laporan JEE 2017[1], Pemerintah Indonesia telah berupaya dalam melaksanakan kegiatan surveilans rutin meskipun dengan keterbatasannya. Melalui SIZE (Sistem Informasi Zoonosis/EIDs)[2], Kementerian Koordinator Pembangunan dan Kebudayaan/Kemenko PMK telah mengawali pembuatan sistem informasi yang terintegrasi untuk deteksi kejadian/wabah penyakit pada manusia dan hewan sebagai peringatan dini.  Sistem ini diawali dengan menghubungkan SKDR (Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon) pada Kementerian Kesehatan dan iSIKHNAS (Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional) pada Kementerian Pertanian. Kemudian dilanjutkan pengembangannya dengan menghubungkan ke SEHAT SATLI (Sistem Informasi Kesehatan Satwa Liar) yang dikembangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dalam upaya memperkuat kapasitas deteksi dan surveilans nasional untuk pengendalian penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia (zoonosis) yang sudah ada serta mengantisipasi munculnya zoonosis atau penyakit menular baru lainnya (EIDs), maka dibutuhkan penguatan kapasitas SIZE secara lintas sektor. SIZE membutuhkan perencanaan operasionalisasi dan pengembangan ke depannya agar dapat diimplementasikan untuk berbagai penyakit prioritas Zoonosis/EID dan dilaksanakan menyeluruh di skala nasional secara bertahap dan terencana. Oleh karena itu, diperlukan dokumen Peta Jalan (Roadmap) Pengembangan dan Operasionalisasi SIZE yang disepakati oleh lintas Kementerian/Lembaga dan mitra internasional. Untuk itu dibutuhkan seorang Konsultan akan direkrut guna membantu penyusunan dokumen roadmap SIZE serta mendampingi proses di dalam penyusunannya hingga final dokumen dapat terselesaikan.

Ruang Lingkup Kerja

  1. Membuat Laporan Pendahuluan dengan perencanaan dan konsultasi dari pemangku kebijakan terkait.
  2. Melampirkan laporan dari data dan informasi yang ada terkait SIZE dari Kementerian terkait.
  3. Memimpin FGD (pertemuan) dengan pemangku kepentingan di kementerian/lembaga terkait SIZE yaitu, Kemenko PMK, Kemenkes, Kementan, KLHK, Kemenkominfo, BPPT, dan lainnya, sebagai bentuk konsultasi kepada Pemerintah Indonesia, serta melakukan koordinasi dengan Mitra Pelaksana GHSA, dan Tim Teknis IDDS.
  4. Memberikan rekomendasi untuk memperkuat dan membangun kapasitas layanan lintas sektor dengan pendekatan One Health. Rekomendasi ini mempertimbangkan praktik terbaik, strategi, pendekatan dan pembelajaran di tingkat regional maupun global yang efektif di negara lain (contohnya dapat mengacu negara di ASEAN atau internasional).
  5. Menyusun dokumen draft pedoman dan roadmap implementasi SIZE yang meliputi cara untuk memobilisasi dukungan (teknis dan keuangan) di tingkat nasional dan sub-nasional (dalam versi Bahasa Indonesia).
  6. Penugasan ini membutuhkan komunikasi yang intensif dengan para pemangku kebijakan di lokasi dan situasi yang berbeda, sehingga memungkinkan dibutuhkannya jam kerja yang fleksibel dan disesuaikan di luar dari kebiasaan.
  7. Menyimpan dan mengunggah seluruh dokumen capaian dan hasil serta dokumen mentah ke dalam situs SharePoint IDDS dengan memastikan tatanan direktori dan folder relevan dan disesuaikan.

Kegiatan

Di bawah ini adalah ruang lingkup kerja yang mencakup jenis kegiatan serta target capaian konsultan:

 

KegiatanTarget CapaianPeriode WaktuJumlah hari kerja
Membuat Laporan Pendahuluan yang menjelaskan rencana kegiatan, konsultasi dengan pemangku kebijakan terkait dan melakukan desk review pada dokumen serta memeriksa tinjauan yang ada.

 

 

 

 

Laporan Pendahuluan dikembangkan untuk kebutuhan dan konteks pemerintah Indonesia, yang berisi tentang pendekatan menyeluruh akan rencana kerja, rencana pelaksanaan (waktu, urutan dan sumber daya yang dibutuhkan) serta rekomendasi prioritas di tingkat nasional, sub nasional, kabupaten dan desa.

 

Minimal 10 halaman ditulis dalam Bahasa Indonesia (A4 document format with font Calibri 11 pts, single space)

 

Mei – Juni 2021+ 7 hari
Memimpin (lead) FGD dan melakukan konsultasi dengan pemangku kebijakan

 

Memaparkannya kepada sektor dan kelompok kerja terkait

 

Mereview kembali Laporan Pendahuluan yang sudah dibuat

 

Melakukan validasi hasil, temuan dan mencari kesepakatan untuk rekomendasi, rencana kerja, program aksi dan rencana pelaksanaan yang meliputi pengumpulan data

 

Menganalisis dan melakukan identifikasi area fokus dan mengembangkan tujuan strategis, peningkatan kapasitas untuk mencapai tujuan strategis termasuk kebutuhan staf dan pelatihan.

 

 

 

 

 

–   Laporan kegiatan yang mendokumentasikan seluruh proses pada bagian ini, dengan melampirkan:

o   Laporan FGD dan pertemuan yang dilakukan

o   Materi presentasi dari resource person dan konsultan

 

–   Draft thematic roadmap yang dikembangkan untuk pemerintah Indonesia dalam format Bahasa Indonesia yang akan disesuaikan dengan struktur dokumen dari Pemerintah Indonesia, yaitu:

o   Hasil penilaian situasi saat ini

o   Penilaian pengembangan kapasitas kelembagaan berdasarkan review

o   Kapasitas kelembagaan dan struktur organisasi SIZE

o   Draft proses implementasi SIZE untuk  5 tahun ke depan di tingkat provinsi dan nasional

 

Minimal 10 halaman ditulis dalam Bahasa Indonesia (A4 document format with font Calibri 11 pts, single space)

 

Juni – Juli 2021+ 15 hari
Melakukan revisi draft roadmap untuk 5 tahun yang sudah dibuat di atas dengan memasukkan rekomendasi, analisis masalah dan masalah lintas sektor terkait roadmap SIZE dan pengelolaan sumber daya multisector

 

Mempresentasikan draft revisi tersebut kepada Pemerintah Indonesia dan pemangku kebijakan untuk memperoleh review dan persetujuan akhir.

 

–   Laporan kegiatan yang mendokumentasikan seluruh proses, termasuk di dalamnya:

o   Laporan FGD dan pertemuan

o   Materi presentasi

 

–   Revisi Draft RoadMap dalam Bahasa Indonesia untuk mendapatkan persetujuan Pemerintah Indonesia

 

Minimal 15 halaman dalam Bahasa Indonesia (A4 document format with font Calibri 11 pts, single space)

 

Juli – Agustus 2021+ 10 hari
Finalisasi dokumen roadmap, pembelajaran dan rekomendasi yang dibuat selama periode tugas untuk dipresentasikan kepada Pemerintah Indonesia sebelum disetujui menjadi Roadmap SIZE Nasional.

 

 

–   Laporan kegiatan yang mendokumentasikan seluruh proses, yang di dalamnya termasuk:

o   Laporan pertemuan

o   Materi presentasi

 

–   Dokumen Laporan akhir Roadmap yang telah disetujui dalam Bahasa Indonesia

 

Minimal 25 halaman ditulis dalam Bahasa Indonesia (A4 document format with font Calibri 11 pts, single space)

Agustus – September 2021+ 8 hari
Total  40 hari

 

 

Kualifikasi:

  1. Sarjana lulusan administrasi, kebijakan publik, ilmu politik, sistem informasi atau disiplin ilmu teknis lainnya (Dokter, Dokter Hewan) atau magister Manajemen Kesehatan Masyarakat
  2. Memiliki pengalaman bekerja minimal 3 tahun di lembaga pemerintah Indonesia, LSM, International NGO, atau organisasi lain
  3. Memiliki pengalaman dalam menyusun roadmap, analisis kebijakan publik, mengembangkan metode penelitian kebijakan, mengelola data kualitatif dan kuantitatif, melakukan analisis data dan menulis hasil analisis yang singkat serta jelas.
  4. Memiliki kemampuan untuk memimpin diskusi dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
  5. Memiliki kemampuan interpersonal yang baik
  6. Memiliki kemampuan dasar komputer seperti Microsoft Office, email, atau aplikasi lain seperti SharePoint
  7. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris secara verbal maupun tertulis.
  8. Mampu mengelola prioritas kerja dalam pengawasan minimal.
  9. Mampu menyelesaikan deadline dengan tetap memperhatikan konsistensi, detail dan kualitas.
  10. Lokasi bekerja adalah di Jakarta dan dapat menghadiri pertemuan secara online atau offline sesuai dengan permintaan dan kebutuhan.

 

Silahkan masukkan aplikasi dan CV anda ke hr.indonesia@fhi360.org dengan menuliskan posisi yang anda lamar sebagai subjek e-mail paling lambat tanggal 9 Mei 2021.

[1] https://www.who.int/ihr/publications/WHO-WHE-CPI-REP-2018.9/en/

[2] https://www.bppt.go.id/teknologi-sumberdaya-alam-dan-kebencanaan/2332-bppt-bangun-sistem-size-cara-jitu-tangkal-penyebaran-penyakit-menular-hewan

  • This job has expired!
Email Me Jobs Like These
Showing 1–0 of 0 jobs
Share this job
Contact Us

NGO Job Search

CONTACT US

How we can help ? Please feel free to CONTACT US

About us / Disclaimer

DevJobsIndo.ORG is not affiliated with devjobsindo yahoo mailing groups.MORE