Konsultan Pembuatan Pedoman Surveilans Terintegrasi 95 views

Job Expired

Konsultan Pembuatan Pedoman Surveilans Terintegrasi

Country of work: Indonesia

Period of Performance: April – June 2021

Maximum number of days: 30 Days

 

Latar Belakang

Proyek USAID-IDDS (Infectious Disease Detection and Surveillance) di Indonesia memberikan dukungan kepada Pemerintah Indonesia dalam penguatan koordinasi dan kapasitas deteksi dan surveilans Zoonosis/EIDs dan AMR lintas sektor. Fokus utama dukungan IDDS Indonesia dalam penyusunan pedoman surveilans ini adalah pada penguatan kesisteman nasional surveilans penyakit menular Zoonosis/EIDs yang terintegrasi lintas sektor dan berbasis diagnosa laboratorium  serta pelaporan secara

 

Pedoman untuk sistem surveilans nasional yang tersedia hingga saat ini umumnya masih bersifat sektoral pada masing-masing kementerian. Sedangkan dalam rangka penanggulangan Zoonosis/EIDs perlu pelaksanaan surveilans yang terintegrasi lintas sektor dengan pendekatan One Health. dibutuhkan adanya kesisteman surveilans nasional yang terintegrasi lintas sektor terhadap penyakit zoonosis/EID prioritas dan AMR belum tersedia. FHI 360 akan merekrut konsultan profesional yang memiliki kompetensi dalam area kerja ini untuk menyusun  Pedoman Sistem Surveilans Nasional Zoonosis/EID Prioritas yang Terintegrasi Lintas Sektor dan berbasis diagnosa laboratorium  serta pelaporan secara real-time. Konsultan akan memfasilitasi seluruh proses penyusunan pedoman tersebut untuk dikoordinasikan dengan Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan – Kementerian Indonesia.

 

Ruang Lingkup Pekerjaan (Scope of Works)

  1. Berpartisipasi aktif di dalam workshop awal Pengembangan Pedoman Sistem Surveilans Nasional Zoonosis/EID Prioritas dan AMR yang Terintegrasi Lintas Sektor yang akan dihadiri oleh Kementerian/Lembaga terkait, organisasi profesi dan mitra pembangunan.
  2. Menyusun Laporan Rumusan dan Rekomendasi Pedoman Sistem Surveilans Zoonosis/EID dan AMR Lintas Sektor
  3. Membuat Laporan Hasil Desk Review terhadap materi Integrasi Surveilans yang dikumpulkan dari Kementerian/Lembaga, rangkaian pertemuan dan FGD.
  4. Memimpin (lead) FGD kegiatan Penyusunan Pedoman Sistem Surveilans Zoonosis/EIDs dan AMR/AMU Terintegrasi Lintas Sektor secara berseri
  5. Membuat draft awal Pedoman Sistem Surveilans Zoonosis/EIDs dan AMR/AMU Terintegrasi Lintas Sektor
  6. Mempresentasikan hasil konsep akhir Pedoman Sistem Surveilans Zoonosis/EIDs dan AMR/AMU Terintegrasi Lintas Sektor pada Workshop yang dihadiri semua kementerian/lembaga, organisasi profesi untuk memperoleh bahasan dan saran penyempurnaan.
  7. Membuat dokumen laporan proses pelaksanaan penyusunan Pedoman Sistem Surveilans Zoonosis/EIDs dan AMR/AMU Terintegrasi Lintas Sektor (soft copy dan hard copy)
  8. Menyusun dokumen lengkap (soft copy dan hard copy) Pedoman Sistem Surveilans Zoonosis/EIDs dan AMR/AMU Terintegrasi Lintas Sektor

 

Kegiatan

Di bawah ini merupakan ruang lingkup kerja yang mencakup jenis kegiatan serta target capaian konsultan:

(catatan: produk dokumen yang dihasilkan dalam Bahasa Indonesia)

AktifitasTarget CapaianPeriode WaktuJumlah hari kerja
Konsultan akan berpartisipasi secara aktif pada workshop awal Pengembangan Pedoman Sistem Surveilans Nasional Zoonosis/EID Prioritas dan AMR yang Terintegrasi Lintas Sektor yang akan dihadiri oleh Kementerian/Lembaga terkait, organisasi profesi dan mitra pembangunan.

 

–   Laporan Rumusan dan Rekomendasi Pedoman Sistem Surveilans Zoonosis/EID dan AMR Lintas Sektor

 

April 20211 hari
Konsultan melakukan desk review terhadap materi Integrasi Surveilans yang dikumpulkan dari Kementerian/Lembaga, rangkaian pertemuan dan FGD.

 

–   Laporan Hasil Desk ReviewApril – Mei 20214 hari
Konsultan akan memimpin (lead) FGD kegiatan Penyusunan Pedoman Sistem Surveilans Zoonosis/EIDs dan AMR/AMU Terintegrasi Lintas Sektor secara berseri yang meliputi:

1.      Menyiapkan draft yang termasuk list stakeholder, format/struktur pedoman, pokok materi pedoman dan draft materi secara komprehensif

2.      Menyusun konsep substansi lengkap pedoman

3.      Mengkaji ulang/memperbarui redaksional setelah memperoleh masukan dari peserta FGD.

 

–   Draft awal Pedoman Sistem Surveilans Zoonosis/EIDs dan AMR/AMU Terintegrasi Lintas SektorMei – Juni 202120 hari
Konsultan akan mempresentasikan hasil konsep akhir Pedoman Sistem Surveilans Zoonosis/EIDs dan AMR/AMU Terintegrasi Lintas Sektor pada Workshop yang dihadiri semua kementerian/lembaga, organisasi profesi untuk memperoleh bahasan dan saran penyempurnaan.

 

–     Bahan presentasi Ringkasan Pedoman Sistem Surveilans Zoonosis/EIDs dan AMR/AMU Terintegrasi Lintas Sektor

 

–     Draft dokumen Pedoman Sistem Surveilans Zoonosis/EIDs dan AMR/AMU Terintegrasi Lintas Sektor yang disampaikan pada saat workshop kepada semua peserta

 

Juni 20214 hari

 

 

Konsultan menyerahkan dokumen hasil draft final Pedoman Sistem Surveilans Zoonosis/EIDs dan AMR/AMU Terintegrasi Lintas Sektor dan dokumen Laporan Proses Pelaksanaan Penyusunan Pedoman kepada USAID IDDS dan Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan – Kementerian Kesehatan.

 

–     Dokumen lengkap (soft copy dan hard copy) Pedoman Sistem Surveilans Zoonosis/EIDs dan AMR/AMU Terintegrasi Lintas Sektor

 

–     Dokumen laporan proses pelaksanaan penyusunan Pedoman Sistem Surveilans Zoonosis/EIDs dan AMR/AMU Terintegrasi Lintas Sektor (soft copy dan hard copy)

Juni 20211 hari
Total  30 hari

 

Kualifikasi:

  1. Pendidikan Dokter/Dokter Hewan/Sarjana Kesehatan Masyarakat, lebih diutamakan yang memiliki gelar master di Bidang Epidemiologi/Kesehatan Masyarakat/Biomedis.
  2. Memiliki pengalaman bekerja minimal 3 tahun di Institusi Pemerintah, Perguruan Tinggi, LSM, International NGO atau organisasi pembangunan lainnya. Lebih diutamakan yang berkaitan dengan surveilans, epidemiologi dan laboratorium di bidang zoonosis
  3. Memiliki pengalaman dalam menyusun pedoman, dokumen review kebijakan, analisis kebijakan, dll.
  4. Memiliki kemampuan untuk memimpin diskusi dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
  5. Memiliki kemampuan interpersonal yang baik
  6. Memiliki kemampuan dasar komputer seperti Microsoft Office, email, atau aplikasi lain seperti SharePoint
  7. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris secara verbal maupun tertulis.
  8. Mampu mengelola prioritas kerja dalam pengawasan minimal.
  9. Mampu menyelesaikan deadline dengan tetap memperhatikan konsistensi, detail dan kualitas.
  10. Lokasi bekerja di Jakarta dan sekitarnya serta bersedia menghadiri pertemuan baik secara online maupun offline di Jakarta.

Silahkan masukkan aplikasi dan CV anda ke hr.indonesia@fhi360.org dengan menuliskan posisi yang anda lamar sebagai subjek e-mail paling lambat tanggal 9 Mei 2021.

 

  • This job has expired!
Email Me Jobs Like These
Showing 1–0 of 0 jobs
Share this job
Contact Us

NGO Job Search

CONTACT US

How we can help ? Please feel free to CONTACT US

About us / Disclaimer

DevJobsIndo.ORG is not affiliated with devjobsindo yahoo mailing groups.MORE