Konsultan Monitoring Program

LOWONGAN

RIMBA KORIDOR merupakan implementasi Peraturan Presiden No. 13 tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Pulau Sumatera, yang selanjutnya disebut sebagai Koridor RIMBA. Lanskap Koridor RIMBA seluas 3,8 juta hektar meliputi Provinsi Riau, Jambi dan Sumatera Barat serta 19 Kabupaten di dalamnya merupakan salah satu koridor ekosistem yang sudah ditetapkan dalam Perpres. Pengelolaan di Koridor RIMBA harus merefleksikan upaya perlindungan keanekaragaman hayati dan memberikan kontribusi terhadap peningkatan kawasan hutan lindung yang ditargetkan seluas 40% dari total pulau Sumatera.

 

Dalam kerangka pembangunan ekonomi hijau, Program RIMBA bertujuan untuk:

(1) memelihara fungsi ekosistem dalam jangka panjang;

(2) meningkatkan kesejahteraan manusia dan keadilan sosial melalui praktik-praktik pengelolaan yang lestari dan berbasis masyarakat;

(3) mengurangi risiko sosial dan lingkungan serta kelangkaan ekologis. Program RIMBA-MCAI ini fokus pada 3 kluster yaitu:

 

a.     Kluster 1          : Dharmasraya (Provinsi Sumatera Barat), Kuantan Singingi dan Kampar (Provinsi Riau), Tebo (Provinsi Jambi)

b.    Kluster 2          : Tanjung Jabung Timur dan Muaro Jambi (Provinsi Jambi)

c.     Kluster 3          : Merangin dan Kerinci (Provinsi Jambi)

 

Program RIMBA yang didukung oleh MCA-I ini telah efektif berjalan sampai Quarterly 6 pada saat ini. Keberhasilan program ini selain memerlukan partisipasi aktif para pihak baik pemerintah pusat dan daerah, dan peran aktif masyarakat, swasta, perlu ada koordinasi secara reguler di internal staff RIMBA khususnya para Manajer Cluster untuk saling memberikan masukan dan informasi serta memecahkan permasalahan ataupun kendala yang dihadapi saat implementasi kegiatan program di lapangan.

 

Seiring semakin padatnya kegiatan di lapangan, untuk menunjang kelancaran jalannya proyek baik pada pendampingan kepada masyarakat maupun kerjasama dengan stakeholder lainnya maka dibutuhkan konsultan monitoring program yang akan bertugas dibawah pengawasan Koordinator Pelaksana dan Pemimpin Proyek. Lokasi pekerjaan dari Konsultan ialah di kantor Rimba – WWF Jambi.

 

Saat ini kami membutuhkan :

 Konsultan Monitoring Program

  1. TanggungJawab
    1. Menyiapkan bahan monitoring dan evaluasi program
    2. Menyusun laporan monitoring dan evaluasi program
    3. Melakukan dokumentasi laporan kegiatan
    4. Membantu koordinator pelaksana proyek dalam menyelesaikan laporan yang dibutuhkan
    5. Menyiapkan bahan terkait komunikasi dari koordinator pelaksana proyek
    6. Melakukan pekerjaan sesuai intruksi dari supervisor.
Jumlah konsultan yang dibutuhkan ialah untuk posisi ini ialah 2 orang

 

·         Pendidikan minimal S1 dari bidang yang terkait

·         Memiliki Pengalaman minimal 1 tahun di bidang yang sama

·         Dapat berkomunikasi dalam bahasa inggris secara aktif dan pasif

·         Familiar dengan program advance komputer.

  1. Kualifikasi
REGISTER/LOGIN to read more, it's FREE
  • This job has expired!
Share this job

Program Koridor RIMBA adalah program kerjasama pada pihak yang bertujuan untuk pelestarian hutan dan peningkatan penghidupan masyarakat yang didukung oleh Millenium Challenge Account- Indonesia (MCA Indonesia).
Lanskap Koridor RIMBA seluas 3,8 juta hektar meliputi Provinsi Riau, Jambi dan Sumatera Barat serta 19 Kabapuaten didalamnya merupakan salah satu koridor ekosistem yang sudah ditetapkan dalam Perpres13 Tahun 2012 tentang Panataan Ruang Pulau Sumatera. 
Keberhasilan Program ini bergantung pada partisipasi aktif pada pihak baik pemerintah pusat dan daerah,serta peran aktif masyarakat, swasta dan Kelompok Masyarakat. Program ini berkegiatan di delapan kabupaten di Jambi, yaitu : Kabupaten Kuantan Singingi, Dharmasraya, Tebo, Kampar, Muaro Jambi, Tanjung Jabung Timur, Kerinci dan Merangin, Sumatera Barat dan Riau. 
Program MCA – Indonesia – Rimba akan berjalan selama 2 tahun, dimulai dari Januari 2016 dan berakhir pada bulan Maret 2018. Program ini didukung juga oleh Program GEF (Global Environment Facility) RIMBA, yang dikelola oleh UNEP Regional Asia – Pasifik untuk memeastikan keberlanjutan program di Koridor RIMBA selama 6 tahun. 

Connect with us

NGO Job Search

CONTACT US

How we can help ? Please feel free to CONTACT US

Disclaimer

DevJobsIndo.ORG is not affiliated with devjobsindo yahoo mailing groups.MORE