Konsultan – Evaluasi Partisipatif Menggunakan Metode Most Significant Change (MSC) – INVEST DM 26 views

Job Expired

LATAR BELAKANG

Program INVEST DM merupakan kerjasama Pemerintah Indonesia dengan Amerika Serikat dalam penanggulangan bencana yang dilaksanakan beberapa konsorsium di bawah koordinasi Mercy Corps. Tujuan utama INVEST DM adalah “penguatan kapasitas lembaga penanggulangan bencana di Indonesia dan sumber daya manusia di berbagai tingkatan pemerintah sehingga mampu memenuhi mandat lembaga tersebut dalam memberikan layanan penanggulangan bencana yang efektif dan menyelamatkan jiwa”. INVEST DM telah melaksanakan berbagai kegiatan bersama Direktorat maupun unit kerja di lingkungan BNPB melalui pendekatan holistik dalam rangka penguatan kelembagaaan, peningkatan kualitas manajemen bencana melalui ‘pendekatan berpusat masyarakat’, perencanaan dan perumusan kebijakan, tata kelola dan pengembangan organisasi.

Selain itu, program INVEST DM mendukung inisiasi pendirian Politeknik Penanggulangan Bencana, penguatan infrastruktur teknologi informasi Pusdiklat PB BNPB, pengembangan tata kelola dan manajemen SDM berbasis kompetensi serta inklusif gender dan disabilitas, serta perumusan kebijakan dan sinergi kebijakan pusat dan daerah. Untuk memastikan strategi keberlanjutan pasca program, INVEST DM akan melaksanakan proses evaluasi partisipatif menggunakan metode Most Significant Change (MSC). Dokumen rencana Monitoring, Evaluation and Learning (MEL)INVEST DM telah mengidentifikasi lima dimensi perubahan di berbagai unit kerja BNPB yang akan didokumentasikan, yaitu: i) institusional, ii) tata kelola institusional, iii) pengetahuan, iv) perubahan di tingkat individual, serta v) dimensi lain yang muncul sebagai dampak utama asistensi teknis INVEST DM.

Penerapan metode MSC sebagai kerangka kerja pelaksanaan evaluasi partisipatif akan memfokuskan kepada berbagai intervensi dan dukungan teknis yang dilakukan INVEST DM. Secara programatik, INVEST DM memiliki dua intermediate result (IR), 4 outcome, 16 output, dengan 77 aktivitas utama. Mengingat kompleksitas ini, penerapan metode MSC dalam proses evaluasi partisipatif diharapkan akan mengidentifikasi berbagai cerita perubahan dari lapangan berdasarkan identifikasi faktual dari berbagai pemangku kepentingan INVEST DM (bottom up perspective)

 

 

 

TUJUAN JASA KONSULTAN

Kegiatan konsultansi ini bertujuan membantu program INVEST DM mengimplementasikan kegiatan evaluasi partisipatif menggunakan metode Most Significant Change (MSC). Metode MSC ini bertujuan mengidentifikasi berbagai pembelajaran, praktik baik, dan perubahan dalam berbagai dimensi sebagai dampak dari intervensi program INVEST DM. Perubahan tersebut baik di level institusional, organisasional, tata kelola, maupun di tingkat individual dan pengetahuan di berbagai unit kerja mitra program INVEST DM.

 

 

 

HASIL KERJA

Setelah kegiatan ini dilaksanakan, Konsultan Evaluasi Partisipatif MSC akan menghasilkan hasil kerja utama sebagai berikut:

  • Interim report (Proposal Final) berdasarkan konsultasi dengan tim INVEST DM mencakup rencana kerja, instrumen dan hasil kerja (dari kegiatan konsultansi ini;
  • Laporan Pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) dan Wawancara Mendalam;
  • Laporan Final Pelaksanaan Evaluasi Partisipatif dengan metode MSC;
  • Story of Changes (Cerita Perubahan) yang relevan dengan lima dimensi perubahan program INVEST DM dengan pendekatan partisipatif dan bottom up;
  • Rekomendasi dan strategi keberlanjutan untuk proses replikasi, duplikasi dan perluasan dari berbagai intervensi dan dukungan teknis program INVEST DM.

 

 

AKTIVITAS

Dalam konsultasi ini, konsultan terpilih akan berkerja di bawah kordinasi tim INVEST DM dan BNPB untuk melakukan kegiatan berikut:

  1. Berkonsultasi dengan program INVEST DM merencanakan proses konsultansi dan implementasi evaluasi partisipatif dengan metode MSC;
  2. Pengembangan rencana kerja, instrument evaluasi, dan agenda pelaksanaan kegiatan;
  3. Pelaksanaan evaluasi partisipatif dengan metode MSC;
  4. Penulisan laporan tentang aktivitas pengumpulan data khususnya dengan metode FGD dan wawancara mendalam;
  5. Penulisan most significant changes (cerita perubahan) sesuai hasil evaluasi partisipatif;
  6. Penulisan Laporan Akhir untuk Konsultansi Evaluasi Partisipatif Menggunakan Metode MSC.

 

 

 

JANGKA WAKTU / JADWAL

Kegiatan konsultansi ini akan dilakukan selama bulan September 2020 sampai Oktober 2020, dengan total jumlah Level of Effort (LOE) 23 hari kerja.

No

Uraian Kegiatan

Estimasi LOE

Jadwal Pelaksanaan (Minggu Ke-)

1

2

3

4

5

1

·   Konsultansi, perencanaan dan persiapan

·   Pengiriman rencana kerja, instrumen dan Interim Report

2 hari

 

 

 

 

 

2

Pelaksanaan Evaluasi

·    Studi Pustaka (Desk Review) 

·    FGD (pertemuan langsung dan/atau melalui platform online)

·    Wawancara mendalam

11 hari

 

 

 

 

 

3

Penulisan

·    Laporan Pelaksanaan FGD dan wawancara mendalam

·    Cerita Perubahan (MSC)

7 hari

 

 

 

 

 

4

Presentasi dan Konsultansi

1 hari

 

 

 

 

 

5

Revisi dari masukan BNPB dan program INVEST DM

2 hari

 

 

 

 

 

6

Penyerahan Laporan Akhir Konsultansi dan hasil kerja terkait

 

 

 

 

 

 

 

 

PELAPORAN

Konsultan akan melaporkan hasil kegiatannya ke Knowledge Management and Communication Specialist dan Senior Monitoring, Evaluation, Research, and Learning Specialist program INVEST DM.

Konsultan bekerja sama dengan tim program INVEST DM yaitu Outcome Manager dan mitra program INVEST DM. Kemudian konsultan juga akan bekerja sama secara intensif dengan BNPB di berbagai unit kerja, khususnya Pusdiklat PB, Biro SDM dan Umum, Kedeputian Sistem dan Strategi, dan berbagai unit kerja terkait lainnya.

 

 

 

KUALIFIKASI

  • Minimum 5 tahun pengalaman, keahlian dan kemampuan memfasilitasi proses evaluasi partisipatif untuk mendokumentasikan berbagai pembelajaran, praktik baik/cerdas dan cerita perubahan dengan menggunakan metode Most Significant Change (MSC); 
  • Memiliki pengetahuan dan pengalaman tentang indikator evaluasi partisipatif untuk program yang didanai USAID dan/atau lembaga bilateral/multilateral lain di Indonesia;
  • Lebih diutamakan mempunyai porftolio yang sejenis di bidang penanggulangan bencana;
  • Memiliki kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia yang kuat.

 

 

CARA MELAMAR

Individu yang memenuhi kualifikasi dapat mengirimkan aplikasinya ke procurement@id.mercycorps.org dengan subjek email “MSC Stories Consultant_INVEST DM paling lambat tanggal 23 September 2020. Aplikasi perlu memuat beberapa hal sebagai berikut:

·         Proposal teknis berisi aktivitas kunci, jadwal, dan metodologi

·         CV

·         Biodata sheet yang telah diisi. Link: https://bit.ly/2ZboIDS

·         Contoh laporan dan portofolio sejenis dalam melaksanakan proses evaluasi partisipatif menggunakan metode MSC termasuk juga portofolio proses dokumentasi melalui video (jika memiliki pengalaman relevan).

Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi.

 
 
 
 
Terima kasih,

Mercy Corps Indonesia

 

  • This job has expired!
Email Me Jobs Like These
Showing 1–0 of 0 jobs
Share this job
Connect with us
Contact Us

NGO Job Search

CONTACT US

How we can help ? Please feel free to CONTACT US

About us / Disclaimer

DevJobsIndo.ORG is not affiliated with devjobsindo yahoo mailing groups.MORE