Call for TENDER Partner Implementation Wired for Works 2.0 Project 158 views

Job Expired

PROFIL PEKERJAAN

 

LokasiIndonesia
Batas waktu aplikasi17 September 2021
Jenis kontrakProfessional Service Agreement
Bahasa yang digunakanBahasa Indonesia dan English (Bilingual)
Tanggal mulai kontrak20 September 2021
Periode kontrak20 September 2021 – 30 Juni 2022

 

TENTANG ORGANISASI

Plan International telah bekerja di Indonesia sejak 1969 dan resmi menjadi Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) pada 2017. Kami bekerja untuk memperjuangkan pemenuhan hak anak dan kesetaraan bagi anak perempuan. Plan Indonesia mengimplementasikan aktivitasnya melalui empat program, yaitu Perlindungan dan Tumbuh Kembang Anak, Kesehatan dan Agensi Remaja, Ketenagakerjaan dan Kewirausahaan Kaum Muda, serta Kesiapsiagaan Bencana dan Respons Kemanusiaan. Kami bekerja di 7 provinsi, termasuk di Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat, dengan target untuk memberdayakan 1 juta anak perempuan. Selain itu, Plan Indonesia juga membina 36.000 anak perempuan dan laki-laki di Nusa Tenggara Timur.

 

 

LATAR BELAKANG

Ketenagakerjaan muda di Indonesia memiliki banyak tantangan, terutama pada kondisi partisipasi perempuan muda dalam angkatan kerja serta ketidaksesuaian antara keterampilan dalam angkatan kerja Indonesia, berangkat dari hal ini, Yayasan Plan International Indonesia melaksanakan proyek yang dijalankan sejak Januari 2018, yaitu Wired for Work (W4W) yang didanai oleh Accenture.

W4W dilaksanakan berdasarkan program ketenagakerjaan yang sudah sukses dilaksanakan di Asia dan Amerika Latin, termasuk program Skill to Succeed yang didukung oleh Accenture. Program ini dilaksanakan untuk melakukan sinergi antara keterampilan yang diajarkan oleh Lembaga pelatihan dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia industri khususnya di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), serta ritel dan perhotelan yang dilaksanakan bersama-sama dengan pengembangan YES! (Youth Economic Solution) Digital Ecosystem di Plan Regional Office (ARO).

 

Di tahun 2020, tantangan ketenagakerjaan muda di Indonesia menjadi lebih serius ketika pandemic Covid- 19 melanda hampur seluruh dunia, termasuk Indonesia. Berangkat dari hal ini, Yayasan Plan International Indonesia melaksanakan proyek strategis lanjutan, yakni Wired for Work 2.0, dengan lebih mengedepankan pelatihan digital e-learning sebagai wujud dukungan bagi kaum muda usia 18-29 tahun, membangun ekosistem digital bagi kaum muda, serta mendukung penguatan strategi ketenagakerjaan muda Indonesia.

Proyek strategis lanjutan W4W 2.0 ini, menargetkan kaum muda rentan, terutama perempuan, yang dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia secara daring. Proyek ini menargetkan sekitar 5.200 kaum muda kurang mampu, dimana 52% penerima manfaat adalah perempuan, yang akan mendapatkan pelatihan keterampilan Soft Skills dan pelatihan technical skills, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja yang dapat diakses secara online maupun offline (dengant tetap mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan peraturan pemerintah).

Proyek ini fokus pada penggunaan teknologi sebagai enabler untuk mencapai dampak yang lebih luas dan lebih baik bagi kaum muda, dengan tujuan untuk mencetak angkatan kerja muda yang memiliki standar baik sesuai dengan kebutuhan pangsa industri saat ini. Proyek lanjutan ini akan menciptakan ekosistem digital yang melibatkan serta memanfaatkan para pemangku kepentingan. Sistem ini akan terbuka untuk umum dan dapat digunakan oleh siapa saja yang dapat mengambil manfaat dari sistem untuk melakukan perbaikan bagi praktik pemberdayaan kaum muda Indonesia.

Untuk mendukung pengembangan ekonomi kaum muda dan penyerapan tenaga kerja kaum muda, maka W4W 2.0 mengembangkan kemitraan bersama dengan pemerintah, terutama Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), Dinas Pendidikan, Sekolah Menengah Atas maupun Kejuruan, lembaga swasta dan Balai Latihan Kerja (BLK). Melalui kemitraan inilah program W4W mengembangkan kurikulum Soft Skills dan green skills atau kewirausahaan hijau untuk mendukung kesiapan kerja kaum muda marginal di Indonesia. Kurikulum Soft Skill dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa selama pandemik COVID-19, menghasilkan tingginya angka pengangguran yang disebabkan oleh ketidaksesuaian antara kemampuan kaum muda dengan lowongan kerja yang ada, dan juga minimnya pemahaman terkait karakter khusus yang perlu dipersiapkan kaum muda sebelum melamar suatu pekerjaan. Sedangkan kurikulum green skill atau kemampuan berwirausaha sendiri, dikembangkan atas dasar fenomena pandemik COVID-19 yang menjadi penghambat penyerapan tenaga kerja. Karena itu, kaum muda juga diharapkan tidak hanya mencari lowongan kerja, tetapi juga membuka peluang kerja terutama di saat periode resesi seperti sekarang ini.

Untuk mencapai tujuan ini, Proyek W4W 2.0 membuka kemitraan dengan lembaga atau institusi untuk membantu pengembangan kaum muda untuk menjadi angkatan kerja muda atau wirausahawan muda. Kerjasama ini meliputi proses rekrutmen, pelatihan, pendampingan (mentoring) serta tracking kaum muda hingga mereka dapat bertransformasi menjadi angkatan kerja atau wirausahawan muda yang berdaya, dan juga memiliki atribut personal yang siap kerja, kemampuan komunikasi serta kemampuan interpersonal.

 

TUJUAN

Tujuan yang ingin dicapai dalam kerja sama ini adalah:

  1. Untuk mendukung pengembangan ekonomi kaum muda dan penyerapan tenaga kerja kaum
  2. Mendukung penggunaan kurikulum Soft Skills dan green skills atau kewirausahaan hijau untuk kesiapan kerja kaum muda di Indonesia.
  3. Kampanye Kesiapan Kerja dan kewirausahaan hijau untuk 7,000 kaum muda melalui webinar- webinar di seluruh
  4. Meningkatnya pemahaman dan kemampuan melalui pelatihan softskills untuk 2500 kaum muda dan pelatihan green skill (kewirausahaan hijau) untuk 1000 kaum muda melalui pembelajaran
  5. Pendampingan (Mentoring) kesiapan kerja untuk 2000 kaum muda dan kewirausahaan hijau untuk 500 kaum muda melalui mentoring
  6. Memberikan penempatan kerja untuk 1500 kaum muda dan membuka peluang usaha untuk 400 kaum

 

 

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

  1. Melakukan rekrutmen kaum muda sebanyak 7000 kaum muda melalui kegiatan webinar-webinar untuk menjadi penerima manfaat dari program W4W 0.
  2. Melakukan rekrutmen 10 trainer untuk memberikan pelatihan atau training penggunaan digital e- learning platform id bagi kaum muda peserta proyek.
  3. Melakukan Training of Trainer sebanyak 2 kali berkaitan dengan pelatihan penggunaan digital e- learning platform id.
  4. Melaksanakan pelatihan Soft Skills (kesiapan kerja) untuk 2500 kaum muda dan green skill (kewirausahaan hijau) untuk 1000 kaum muda melalui e-learning kitakerja.id.
  5. Melakukan pendampingan (Mentoring) kesiapan kerja untuk 2000 kaum muda dan untuk 500 kewirausahan
  6. Melakukan rekrutmen 400 mentor untuk melakukan pendampingan pada kaum muda peserta program W4W 2.0 untuk persiapan kaum muda dalam menjadi angkatan kerja dan wirausaha kaum
  7. Melakukan Training of Mentor kepada 400 mentor setelah proses rekrutment mentor sesuai dengan target timeline.
  8. Melakukan mentoring employment kepada 2000 kaum
  9. Melakukan mentoring entrepreneurship atau kewirausahaan kepada 500 kaum
  10. Melakukan tracking dan monitoring kepada sebanyak 2000 kaum muda hingga mereka dapat bertransformasi menjadi angkatan kerja dan wirausahawan muda yang

 

HASIL KERJA

Adapun hasil kerja yang diharapkan dari calon vendor/ konsultan dalam periode kontrak tersebut di atas adalah sebagai berikut:

 

Hasil KerjaAktivitasTingkatan UpayaPerkiraan Waktu Pengerjaan
Webinar dan Rekrutment–   Rekrutment Peserta Program W4W 2.0.

–   Memberikan Pemahaman tentang Kesiapan Kerja dan Kewirausahaan Hijau.

–   Rekrutment 7,000 kaum muda Indonesia melalui webinar Soft Skill dan Green Entrepreneur skill.

–   Rekrutmen dilakukan dengan 10 Kali Webinar

–   Tema “Digitalization for Youth”

Oktober 2021-

Februari 2022

Penggunaan e- learning Kitakerja.id dan Safe Guarding Komitmen.– Mitra Dapat pemahaman penggunaan e-learning Kitakerja.id–   Mitra dapat ToT untuk penggunaan e-learning Kitakerja.id

–   Mitra dapat memahami, komitmen dan menerapkan safe guarding ke kaum muda, Trainer dan Partner.

–   Mitra diwajibkan untuk melindungi data Peserta, Mentor dan Partner.

November 2021-

Juni 2022

Trainer Rekrutmen–   Melakukan Rekrutmen trainer melalui digital/online

–   Menggunakan media promosi online

–   Melakukan interview trainer dan memastikan keamanan data trainer dan peserta program

–   Rekrutmen trainer sebanyak 5 Trainer.

–   Trainer akan melakukan pelatihan penggunaan e- learning platform kitakerja.id selama 10x pelatihan untuk Soft Skill e-learning dan 10x pelatihan untuk green skill e- learning.

Oktober 2021-

Desember 2021

Mentor Rekrutmen–   Melakukan Rekrutment Mentor melalui Digital/Online.

–   Menggunakan media promosi online.

–   Melakukan Interview Mentor dan Memastikan keamanan data Mentor dan Peserta Program.

–   Rekrutment Mentoring sebanyak 400 Mentor.

–   Latar belakang mentor sebagai Employment : HR, Praktisi Skill, pengalaman 2 tahun bekerja.

–   Latar belakang Enterpreneur: 2 Tahun memiliki bisnis.

–   Kegiatan mentoring dilakukan secara volunteer.

Oktober 2021-

Februari 2022

 

Training of Trainer– Melakukan Training of Trainer sebanyak 30x (Mitra, Private Sector, NGO dll)– Sebanyak 30 Mitra Kolaborasi dapat di ToT untuk penggunaan digital e-learning kitakerja.idOktober 2021 –

April 2022

Training of Mentor– Melakukan training of mentor sebanyak 10x untuk total 400 mentor yang direkrut– Sebanyak 400 mentor mendapatkan Training of Mentor untuk mendampingi 1000 kaum muda yang menjadi mentee employment dan 500 kaum muda yang menjadi mentee enterpreneurshipOktober 2021-

Desember 2021

Training Enterpreneur & Employment– Melakukan Training untuk kaum muda indoonesia sebanyak 3,500 kaum muda.–   Melakukan training sebanyak 10x untuk menjangkau 2500 kaum muda untuk di training kesiapan kerja

–   Melakukan training sebanyak 10x untuk menjangkau 1000 kaum muda untuk di training kewirausahaan.

Oktober 2021-

Februari 2022

Mentoring Entrepreneur & Employment–   Melakukan mentor dan mentee mapping.

–   Melakukan mentoring pada 2000 kaum muda untuk persiapan kerja

–   Melakukan mentoring pada 500 kaum muda untuk persiapan menjadi ecopreneur

–   2000 kaum muda menjadi mentee untuk menjadi angkatan kerja muda unggul

–   500 kaum muda menjadi mentee untuk persiapan menjadi ecopreneur

Oktober 2021 –

Februari 2022

Job Match–   Membantu proses job matching 1500 peserta proyek dengan perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja

–   30 Private sector Agreement (Penyaluran Tenaga Kerja)

– 1500 kaum muda peserta proyek mendapatkan bantuan job matching dan mendapatkan pekerjaanNov 2021 – April 2022
Inkubasi Bisnis– Membantu proses inkubasi bisnis bagi 400 peserta proyek dengan lembaga pendanaan bisnis– 400 kaum muda peserta proyek mendapatkanJanuari 2022 – Mei 2022
Monitoring–   Melakukan monitoring pada kaum muda terdaftar pelatihan siap kerja sebanyak 1500 kaum muda

–   Melakukan monitoring pada kaum muda terdaftar

–   Sebanyak 1500 kaum muda masuk dalam data monitoring penerima manfaat proyek yang sedang dalam proses mencari kerja dan mendapat kerja

–   Sebanyak 400 kaum muda masuk dalam data monitoring

Oktober 2022 –

April 2022

 

pelatihan wirausaha sebanyak 400 kaum mudapenerima manfaat proyek yang sedang dalam proses membuka usaha dan mendapatkan pendanaan usaha
EvaluasiMelakukan evaluasi pelaksanaan proyek di 3 bulan akhirMembuat report pelaksanaan proyekApril 2022– Juni

2022

 

TIMELINE

Timeline Training dan Mentoring (Kewirausahaan Hijau dan Persiapan Kerja) beserta table capaian:

 

Kegiatan

20212022
TargetQTYAugSeptOktNovDesJanFebMarAprMayJune
Mitra Recruitment
ToR Approval31 Agustus
Iklan1 September

– 7

September

Bidding8 September
MoU13-17

September

Preparation20-30

September

MMIS Launching1 xEvent1
Webinar “Digitalization For

Youth”

10xEvent22222
Youth Connected (Rekrutment)7,000Youth1,5001,5001,5001,5001,000
Training Enterpreneur &

Employment

Rekrutment Trainer5Trainer5
Kegiatan pelatihan kerja menggunakan

platform MMIS (kitakerja.id)

10Training22222
Training Employment2500Youth500500500500500
Kegiatan pelatihan wirausaha hijau

menggunakan platform MMIS

(kitakerja.id)

10Training22222
Training Entrepreneur1000Youth200200200200200
Training Mitra (TOT)30xTraining2335554
Mentoring Enterpreneur &

Employment

Mentor Recruitment450Mentor10010010010050
Training for Mentor10xTFM22222
Mentor dan Mentee Mapping10xMapping22222
Workshop Warung Online5xGelomba

ng

11111
Workshop Job Portal5xGelomba

ng

11111
Mentoring Employment2000Youth400400400400400
Mentoring Entrepreneurship500Youth100200100100
Job Matching & Job Placement

 

Pennyaluran tenaga kerja30

Perusahaan

Agreeme

nt

555555
Penempatan Kerja1500Youth300300300300300
Monitoring4Kali1111
Proses Bantuan Inkubasi Bisnis
Inkubasi Bisnis400Youth100100100100100
Monitoring4Kali1111
Evaluasi3Bulan
Term Payment3Trem111

 

METODE DAN KETENTUAN PEMBAYARAN

Pembayaran akan dibagi atas tiga termin pembayaran, dengan rincian sebagai berikut:

 

Termin PembayaranRincianJumlah yang dibayarkan
Pembayaran PertamaPembayaran pertama akan di transfer sebesar 30% berdasarkan total perjanjian:

·       Kontrak

·       Invoice

·       Project Outline dan Target Capaian yang telah di sepakati tim W4W 2.0

30%
Pembayaran KeduaPembayaran kedua akan di transfer sebesar 30% berdasarkan total perjanjian:

·       Kontrak

·       Laporan Quarterly

·       Invoice

·       Report Implementasi

·       Telah melakukan total 10 kali webinar dengan total peserta yang terjangkau sejumlah 7000 kaum muda di seluruh wilayah Indonesia.

·       Telah melakukan Training for Mentor sebanyak 6 kali (300 mentor).

·       Telah melakukan Training of Trainers sebanyak 13 Mitra.

·       Telah melakukan Training Employment 2500 Kaum Muda.

·       Telah melakukan Training Entrepreneurship 1000 Kaum Muda.

·       Telah melakukan Mentorship Employment

sebanyak 1600 Kaum Muda.

·       Telah melakukan Mentorship Entrepreneur 500 Kaum Muda.

·       Telah melakukan penempatan kerja kepada 400 Kaum Muda.

·       Telah melakukan inkubasi bisnis kepada 200 Kaum Muda.

30%

 

·       Telah meakukan monitoring kagiatan sebanyak 3 kali.
Pembayaran FinalPembayaran Ketiga (Final) akan ditransfer sebesar 40% berdasarkan total perjanjian:

·       Invoice

·       Laporan Quarterly

·       Report Implementasi

·       Telah melakukan Training of Trainers sebanyak 9 Mitra.

·       Telah melakukan penempatan kerja kepada 900 Kaum Muda.

·       Telah melakukan inkubasi bisnis kepada 200 Kaum Muda.

·       Telah melakukan monitoring kegiatan sebanyak 1 kali

·       Telah melakukan Evaluasi Kegiatan

·       Memberikan hasil Evaluasi semua aktifitas Proyek

40%

 

PRINSIP, PENDEKATAN, DAN PERTIMBANGAN ETIS UTAMA

Staf dan konsultan Plan Indonesia harus mematuhi prinsip Child and Youth Safeguarding and Protection milik Plan International. Konsultan harus mengikuti Prinsip Etis dalam keterlibatan subjek manusia dalam penelitian dan mendapatkan persetujuan tertulis/lisan dari subjek yang terlibat. Izin dari orang tua harus dimintakan jika anak-anak di bawah 18 tahun terlibat sebagai subjek. Persetujuan yang ditandatangani oleh setiap anak dan/orang tuanya perlu dilakukan setelah menjelaskan tujuan studi dan penggunaannya. Pelatihan tentang topik ini akan menjadi bagian dari pelatihan yang disediakan untuk tim konsultan/ vendor.

Semua proyek yang dikelola oleh Plan Indonesia dan para mitranya, juga harus selaras dengan ambisi global Plan International untuk menjangkau 100 juta anak perempuan, menggunakan pendekatan transformatif gender dalam melaksanakan tugasnya. Dalam penugasan ini, Konsultan diharapkan dapat menerapkan pendekatan transformatif gender melalui penyampaian norma gender, penguatan agensi anak perempuan dan perempuan muda, memajukan kondisi dan posisi anak perempuan dan perempuan, bekerja sama dengan anak laki-laki dan laki-laki untuk mengangkat kesetaraan gender, menjawab kebutuhan dan minat anak perempuan dan anak laki-laki dalam seluruh keragaman mereka, dan membina lingkungan yang mendukung kesetaraan gender dan hak-hak anak perempuan.

 

KUALIFIKASI DAN PENGALAMAN

Pengalaman:

  1. Memiliki pengalaman melakukan aktivitas bersama kaum muda dalam jumlah besar dan jangka waktu panjang
  2. Memiliki pengalaman mengelola komunitas kaum muda usia 18-29 tahun
  3. Memiliki sumberdaya manusia yang memiliki latar belakang professional dan wirausaha dalam jumlah besar
  4. Mendemonstrasikan dan memiliki pengalaman dan tim yang fokus pada Transformatif Gender dan Inklusifitas
  5. Akan disukai apabila memiliki pengalaman dengan Yayasan, Organisasi Non-Profit atau Agensi UN yang fokus pada poyek kaum muda

Legalitas Perusahaan:

Perusahaan vendor telah memiliki legalitas di bawah ini:

  1. Akte Notaris/ Pendirian Perusahaan
  2. SIUP bidang pengadaan barang/jasa yang sesuai
  3. Surat Domisili Perusahaan
  4. Bukti Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  5. Surat Keterangan Izin Tempat Usaha & NPWP
  6. Bukti terdaftar di BPJS (Ketenagakerjaan dan Kesehatan)

PROSEDUR PENGIRIMAN PENAWARAN

Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) mengundang perusahaan/tim konsultan dengan keahlian dan portofolio yang relevan untuk melamar dengan mengirimkan:

  1. Surat Pengantar
  2. Proposal Kerjasama
  3. Lampiran legalitas perusahaan yang terdiri dari :
    1.  Akte Notaris/Pendiri Perusahaan
    2. SIUP bidang pengadaan barang/jasa yang sesuai
    3. Surat Domisili Perusahaan
    4. Bukti Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
    5. Surat Keterangan Izin Tempat Usaha & NPWP
    6. Bukti terdaftar di BPJS (Ketenagakerjaan dan Kesehatan

Dokumen di atas dapat dikirim melalui email ke yayasan.procurement@plan-international.org; dengan Subject email [TENDER_Mitra Implementasi Proyek W4W 2_Nama Pelamar].

Batas akhir pengiriman penawaran selambat-lambatnya pada Jum’at, 17 September 2021.

Seluruh penawaran yang diterima akan diperlakukan secara rahasia.

Hanya kandidat terpilih yang akan menerima pemberitahuan lebih lanjut dan diundang untuk wawancara.

 

  • This job has expired!
Share this job
Company Information
Connect with us
Contact Us

NGO Job Search

CONTACT US

How we can help ? Please feel free to CONTACT US

About us / Disclaimer

DevJobsIndo.ORG is not affiliated with devjobsindo yahoo mailing groups.MORE