Call for Consultant : Recruitment Coordinator Trainer & Mentor Web Programming for Tech Muda II Project 74 views

Job Expired

TENTANG ORGANISASI

Plan International telah bekerja di Indonesia sejak 1969 dan resmi menjadi Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) pada 2017. Kami bekerja untuk memperjuangkan pemenuhan hak anak dan kesetaraan bagi anak perempuan. Plan Indonesia mengimplementasikan aktivitasnya melalui empat program, yaitu Perlindungan dan Tumbuh Kembang Anak, Kesehatan dan Agensi Remaja, Ketenagakerjaan dan Kewirausahaan Kaum Muda, serta Kesiapsiagaan Bencana dan Respons Kemanusiaan. Kami bekerja di 7 provinsi, termasuk di Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat, dengan target untuk memberdayakan 1 juta anak perempuan. Selain itu, Plan Indonesia juga membina 36.000 anak perempuan dan laki-laki di Nusa Tenggara Timur.

LATAR BELAKANG

Ketenagakerjaan muda di Indonesia memiliki banyak tantangan, terutama pada kondisi partisipasi perempuan muda dalam angkatan kerja serta ketidaksesuaian antara keterampilan dalam angkatan kerja Indonesia, berangkat dari hal ini, Yayasan Plan International Indonesia melaksanakan pelatihan ketenagakerjaan & kewirausahaan yang berfokus pada kemampuan di bidang Teknologi Informasi.

Proyek IT pada YEE Program dilaksanakan berdasarkan fenomena ketidaksesuaian antara keterampilan dalam angkatan kerja. Program ini dilaksanakan untuk melakukan sinergi antara keterampilan yang

diajarkan oleh Lembaga pelatihan dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia industri khususnya di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Di tahun 2020, tantangan ketenagakerjaan muda di Indonesia menjadi lebih serius ketika pandemic Covid- 19 melanda hampir seluruh dunia, termasuk Indonesia. Berangkat dari hal ini, Yayasan Plan International Indonesia melaksanakan program pelatihan IT, dengan lebih mengedepankan pelatihan Teknologi Informasi sebagai wujud dukungan bagi kaum muda usia 18-29 tahun, membangun ekosistem digital bagi kaum muda, serta mendukung penguatan strategi ketenagakerjaan muda Indonesia.

Program pelatihan IT – Tech Muda ini menargetkan kaum muda rentan, perempuan, yang dilaksanakan di wilayah Jabodetabek secara Hybrid (penggabungan aktivitas pelatihan langsung dan daring). Proyek ini menargetkan sekitar 400 kaum muda perempuan kurang mampu, dan 3% penerima manfaat adalah kaum muda perempuan disabilitas, yang akan mendapatkan pelatihan keterampilan soft skills dan pelatihan technical skills berupa Digital Marketing / Web Programming, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja yang akan diakses secara Hybrid (dengant tetap mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan peraturan pemerintah).

Untuk mendukung pengembangan ekonomi kaum muda dan penyerapan tenaga kerja kaum muda, maka project IT pada program YEE mengembangkan kemitraan bersama dengan pemerintah, terutama Pemerintah DKI Jakarta, serta Dinas terkait seperti Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, serta institusi Pendidikan seperti Sekolah Menengah Atas maupun Kejuruan, lembaga swasta.

Melalui kemitraan inilah project IT pada program YEE mengembangkan kurikulum soft skills dan Teknologi Informasi untuk mendukung kesiapan kerja bagi kaum muda marginal di Indonesia. Kurikulum soft skill dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa selama pandemik COVID-19, menghasilkan tingginya angka pengangguran yang disebabkan oleh ketidaksesuaian antara kemampuan kaum muda dengan lowongan kerja yang ada, dan juga minimnya pemahaman terkait karakter khusus yang perlu dipersiapkan kaum muda sebelum melamar suatu pekerjaan. Sedangkan kurikulum Teknologi Informasi, dikembangkan atas dasar fenomena pandemik COVID-19 yang menjadi penghambat penyerapan tenaga kerja, karena banyak perusahaan yang melakukan pergeseran kebutuhan tenaga kerja yang memiliki keterampilan IT (Information Technology) akibat industry 4.0 dan keterbatasan aktivitas akibat COVID-19.

Untuk memastikan hal ini, project Tech Muda II membuka kemitraan dengan individu Trainer/Mentor yang dapat berkolaborasi untuk membantu pengembangan kaum muda untuk menjadi angkatan kerja muda atau wirausahawan muda di bidang Teknologi Informasi, dengan bentuk kolaborasi dari proses rekrutmen, training, mentoring serta tracking kaum muda hingga mereka dapat bertransformasi menjadi angkatan kerja dan wirausahawan muda yang berdaya, yang tidak hanya siap kerja secara teknis, tetapi juga siap kerja secara kepribadian, atribut personal, kemampuan komunikasi serta kemampuan interpersonal.

untuk informasi lebih lanjut silahkan unduh tautan berikut

bit.ly/CoorTr4inerMent0r_WebProg_TechMudaII

KUALIFIKASI DAN PENGALAMAN

Pengalaman:

  1. Memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun dalam melakukan aktivitas pelatihan kaum muda pada bidang (Digital Marketing / Web Developer/ Soft Skills)
  2. Memiliki jaringan komunitas Trainer/Mentor ( (Digital Marketing / Web Developer/ Soft Skills )
  3. Mampu/ memiliki pengalaman dalam pengelolaan laporan kegiatan pelatihan / mentoring
  4. Dapat mendemonstrasikan dan memiliki pengalaman pada Transformatif Gender dan Inklusifitas
  5. Akan disukai apabila memiliki pengalaman dengan Yayasan, Organisasi Non Profit atau Agensi UN yang fokus pada poyek kaum muda
  6. Berdomisili di wilayah Jabodetabek

Calon konsultan mengirimkan aplikasi ke yayasan.procurement@plan-international.org dengan subjek “Koordinator Trainer dan Mentor Web Programming_Nama Individu/Organisasi Konsultan” sebelum 28 November 2022 pukul 17.00 WIB

Seluruh penawaran yang diterima akan diperlakukan secara rahasia.

Hanya kandidat terpilih yang akan menerima pemberitahuan lebih lanjut dan diundang untuk wawancara.

Plan Indonesia mendorong Perempuan Indonesia yang memiliki usaha untuk berpartisipasi”

  • This job has expired!
Share this job
Company Information
Connect with us
Contact Us

NGO Job Search

CONTACT US

How we can help ? Please feel free to CONTACT US

About us / Disclaimer

DevJobsIndo.ORG is not affiliated with devjobsindo yahoo mailing groups.MORE