CALL FOR CONSULTANT FOR YOUTH PROFILING FOR COUNTRY STRATEGY 5 (CS5) 188 views

Job Expired

A. PROFIL PEKERJAAN

LokasiJabodetabek
Batas waktu aplikasi3 Desember 2021
Jenis kontrakProfessional Service Agreement
Bahasa yang digunakanBahasa Indonesia dan bahasa Inggris
Tanggal Mulai KontrakAkhir November
Periode Kontrak2 bulan

 

B. TENTANG ORGANISASI
Plan International telah bekerja di Indonesia sejak 1969 dan resmi menjadi Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) pada 2017. Kami bekerja untuk memperjuangkan pemenuhan hak anak dan kesetaraan bagi anak perempuan. Plan Indonesia mengimplementasikan aktivitasnya melalui empat program, yaitu Perlindungan dan Tumbuh Kembang Anak, Kesehatan dan Agensi Remaja, Ketenagakerjaan dan Kewirausahaan Kaum Muda, serta Kesiapsiagaan Bencana dan Respons Kemanusiaan. Kami bekerja di 7 provinsi, termasuk di Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat, dengan target untuk memberdayakan 1 juta anak perempuan. Selain itu, Plan Indonesia juga membina 36.000 anak perempuan dan laki-laki di Nusa Tenggara Timur.

C. TENTANG KONSULTANSI
Yayasan Plan International Indonesia (YPII) selalu berupaya untuk memiliki strategi terbaik yang dapat diterapkan untuk mewujudkan visi dan misi organisasi. Saat ini, YPII sedang dalam proses menyusun Country Strategy 5 (CS5) sebagai upaya pengembangan berkelanjutan dan perbaikan CS4. Dalam menyusun CS5, diperlukan beberapa data untuk memperkuat dan menajamkan strategi yang akan digunakan. Salah satunya adalah youth profiling data di urban dan rural area di Indonesia. Data ini dibutuhkan sebagai media YPII untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi anak perempuan yang termarginalisasi, baik di lingkungan rural maupun urban di Indonesia.

Pada dasarnya, masyarakat dan pemerintah sudah cukup mawas dengan permasalahan yang dihadapi anak perempuan di area rural atau 3T. Permasalahan yang dihadapi di antaranya adalah sulitnya akses pendidikan, akses kesehatan, akses teknologi, dan akses lain yang notabene sulit dijangkau karena faktor geografis (daerah terpencil); tingginya angka perkawinan anak; dan parenting yang belum ideal. Namun, anak di daerah urban juga perlu diperhatikan karena pada beberapa kasus, anak perempuan di area urban termasuk dalam kelompok rentan. Misalnya, anak yang tinggal di pemukiman padat akan rentan terhadap kekerasan seksual. Kehidupan perkotaan yang penuh dengan tuntutan dan persaingan ketat membuat kesehatan mental anak terancam. Akses teknologi tanpa pendampingan akan menjadi bumerang dan anak rentan terhadap kekerasan berbasis gender di dunia digital. Lebih dari itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Supriyanto dkk terhadap keluarga urban yang tinggal di wilayah Jakarta Selatan, disebutkan bahwa anak di daerah perkotaan berpotensi lebih besar terpapar dalam kegiatan berisiko (kekerasan, narkotika, seks bebas) karena kurangnya perhatian dari orang tua yang sibuk bekerja.

Data youth profiling akan membantu YPII untuk mengetahui lebih jauh mengenal karakteristik individu-individu anak-anak muda (adolescents and youth) yang menjadi target peserta program YPII. YPII ingin dapat mengerti lebih dalam tantangan apa saja yang dihadapi oleh anak-anak di area urban dan rural serta apa harapan mereka ke depan. Youth profiles ini nantinya akan dapat membantu YPII untuk menyusun strategi implementasi program dan influencing apa yang perlu dikembangkan untuk mengatasi masalah-masalah yang disampaikan oleh para youth yang di-profile, serta membantu memastikan harapan anak-anak muda semacam yang direpresentasikan dalam inisiatif/konsultansi ini, dapat terpenuhi atau paling tidak ada enabling environment yang memungkinkan mimpi-mimpi mereka terealisasi. Lebih jauh, YPII juga akan berupaya untuk mendorong potensi anak-anak muda dalam profile agar bisa menjadi agen perubahan dan menciptakan perubahan yang lebih baik ke depan bersama dengan YPII.

D. TUJUAN KONSULTANSI
Tujuan penugasan konsultansi ini adalah untuk mendapatkan contoh youth profiles di Indonesia dengan rincian sebagai berikut:
1. Beberapa anak muda (adolescents and youth) di wilayah urban.
a. Wilayah urban meliputi area JABODETABEK/ area Jawa di luar JABODETABEK.
b. Berjenis kelamin perempuan/ laki-laki.
c. Berusia 13—24 tahun.
d. Termasuk dalam kategori kelompok terpinggirkan; rentan terhadap kekerasan; rentan terhadap krisis kemanusiaan dan bencana alam/krisis iklim; rentan terhadap perilaku berisiko (narkoba, merokok, dll); tinggal di slum area.

2. Beberapa anak muda (adolescents and youth) di wilayah rural.
a. Wilayah rural meliputi daerah terpencil dan wilayah kerja YPII yaitu NTT dan NTB.
b. Berjenis kelamin perempuan/laki-laki.
c. Berusia 13—24 tahun.
d. Termasuk dalam kelompok terpinggirkan; rentan terhadap kekerasan termasuk perkawinan usia anak; rentan terhadap krisis kemanusiaan dan bencana alam/krisis iklim; rentan terhadap kemiskinan; minim akses layanan/fasilitas dasar (air, pendidikan, kesehatan, administratif kependudukan).

E. TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB
1. Konsultan sepakat untuk melaksanakan tanggung jawab masing-masing sesuai dengan setiap ketentuan-ketentuan dalam Perjanjian ini.
2. Konsultan melalui koordinasi dari YPII akan melakukan rapat rutin untuk membahas kemajuan proyek dan semua hal-hal terkait lainnya.
3. Konsultan menyediakan laporan dan evaluasi dengan syarat dan ketentuan yang telah disepakati secara bersama-sama oleh Konsultan dan YPII.
4. Konsultan harus melaksanakan proyek sesuai dengan hasil yang sebagaimana ditetapkan oleh YPII.
5. Konsultan mengelola dana yang diberikan YPII secara profesional berdasarkan ketentuan anggaran proyek yang disetujui.
6. Konsultan harus mengirimkan rincian program sesuai dengan format dan jadwal sebagaimana disepakati.

F. HASIL KERJA
Adapun hasil kerja yang diharapkan dari calon konsultan adalah sebagai berikut:

Hasil KerjaAktivitasTingkatan upayaWaktu Kerja
PersiapanKick off meetingMembedah ulang proposal/ ide kreatif youth profiling dari konsultan untuk memastikan dan menyepakati hal-hal terkait youth profiling (metode, calon partisipan, waktu kerja, dll).1 minggu
Daftar calon Youth profiles yang merepresentasikan anak-anak dan pemuda yang menjadi target partisipan program PlanMelakukan riset terhadap anak muda terpilih baik di lingkungan urban maupun rural.·  Membuat daftar anak muda yang akan diwawancara.

·  Melakukan wawancara awal (preliminary/scooping interview) terhadap anak muda tersebut.

 

2 minggu
Draft Youth profiles (narasi dan visual) yang menampilkan karakteristik beberapa  anak/youth, isu, tantangan yang dihadapi, mimpi dan cita-cita serta keseharian anak/pemuda tersebut.

 

Memproduksi hasil temuan lapangan dan submit hasil ke YPII.

 

Review oleh tim YPII (Executive Director; Influencing Director; RM Director, Comms Manager, Youth Coordinator)

·  Menggumpulkan data melalui interview dan observasi lapangan di lingkungan anak/youth terpilih dengan konsultasi bersama YPII untuk anak dampingan.

·  Menuliskan profile dan dokumentasi visual yang menggambarkan lingkungan dan situasi yang dialami/dihadapi oleh para representative youth yang diprofile;

·  Pengambilan foto dan video yang layak publikasi;

·  Penulisan dilakukan menggunakan bahasa populer/sesuai dengan platform publikasi yang disepakati.;

·  Presentasi ke YPII untuk mendapatkan masukan.

4 minggu
Final Review Youth Profiles (story, visual)Final review meeting dengan YPIIMemastikan hasil kerja yang ada sudah sesuai dengan kebutuhan YPII1 minggu

G. DURASI PEKERJAAN
Durasi pengerjaan selama dua bulan.

H. INPUT TAMBAHAN
Sumber daya yang digunakan adalah: dokumen tertulis berupa laporan.

Segala kebutuhan peralatan komputer, internet voucher, transportasi, dll, akan disiapkan sendiri oleh konsultan.

I. METODE DAN KETENTUAN PEMBAYARAN

Hasil KerjaPembayaran (%)
DP I setelah tanda tangan kontrak40%
50% hasil dari pekerjaan konsultan dan diverifikasi oleh user.30%
Telah dinyatakan selesai dan diverifikasi oleh user30%

J. PRINSIP, PENDEKATAN, DAN PERTIMBANGAN ETIS UTAMA
Staf dan konsultan Plan Indonesia harus mematuhi prinsip Child and Youth Safeguarding and Protection milik Plan International. Konsultan harus mengikuti Prinsip Etis dalam keterlibatan subjek manusia dalam penelitian dan mendapatkan persetujuan tertulis/lisan dari subjek yang terlibat. Izin dari orang tua harus diminta jika anak-anak di bawah 18 tahun terlibat sebagai subjek. Persetujuan yang ditandatangani oleh setiap anak dan/orang tuanya perlu dilakukan setelah menjelaskan tujuan studi dan penggunaannya. Pelatihan tentang topik ini akan menjadi bagian dari pelatihan yang disediakan untuk tim konsultan/vendor.
Semua proyek yang dikelola oleh Plan Indonesia dan para mitranya juga harus selaras dengan ambisi global Plan International untuk menjangkau 100 juta anak perempuan, menggunakan pendekatan gender transformatif dalam melaksanakan tugasnya. Dalam penugasan ini, konsultan diharapkan dapat menerapkan pendekatan gender transformatif melalui penyampaian norma gender, penguatan agensi anak perempuan dan perempuan muda, memajukan kondisi dan posisi anak perempuan dan perempuan, bekerja sama dengan anak laki-laki dan laki-laki untuk mengangkat kesetaraan gender, menjawab kebutuhan dan minat anak perempuan dan anak laki-laki dalam seluruh keragaman mereka, dan membina lingkungan yang mendukung kesetaraan gender dan hak-hak anak perempuan.

K. KUALIFIKASI DAN PENGALAMAN
• Memiliki pengalaman dalam melakukan riset antropologis.
• Memiliki pengalaman menuliskan laporan dalam bahasa yang populer dengan bebagai media (tulis, lisan, dan audio visual).
• Memiliki pengalaman bekerja dengan anak.
• Memiliki jaringan yang luas di komunitas/lembaga yang berhubungan dengan anak.
• Mampu bekerja menghadapi tengat waktu yang ketat.
• Bersedia melakukan perjalanan/kunjungan langsung ke lokasi survey.
• Berkomitmen pada perlindungan anak dan gender transformative.

L. PROSEDUR APLIKASI

REGISTER/LOGIN to read more, it's FREE
  • This job has expired!
Share this job
Company Information
Connect with us
Contact Us

NGO Job Search

CONTACT US

How we can help ? Please feel free to CONTACT US

About us / Disclaimer

DevJobsIndo.ORG is not affiliated with devjobsindo yahoo mailing groups.MORE