Call for Consultant Documentation Success Story Tech Muda II Project 106 views

Job Expired

TENTANG ORGANISASI

Plan International telah bekerja di Indonesia sejak 1969 dan resmi menjadi Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) pada 2017. Kami bekerja untuk memperjuangkan pemenuhan hak anak dan kesetaraan bagi anak perempuan. Plan Indonesia mengimplementasikan aktivitasnya melalui empat program, yaitu Perlindungan dan Tumbuh Kembang Anak, Kesehatan dan Agensi Remaja, Ketenagakerjaan dan Kewirausahaan Kaum Muda, serta Kesiapsiagaan Bencana dan Respons Kemanusiaan. Kami bekerja di 7 provinsi, termasuk di Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat, dengan target untuk memberdayakan 1 juta anak perempuan. Selain itu, Plan Indonesia juga membina 36.000 anak perempuan dan laki-laki di Nusa Tenggara Timur.

LATAR BELAKANG

Ketenagakerjaan muda di Indonesia memiliki banyak tantangan. Dengan 25 % penduduk Indonesia adalah kaum muda1 dan merupakan 26,64 % dari populasi pengangguran.2 Minimnya peluang ekonomi merupakan faktor penyumbang terbesar penurunan Indeks Pembangunan Pemuda Indonesia pada tahun 2021, diikuti oleh ketidaksetaraan gender yang mencolok.3 Angka Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) kaum muda laki-laki masih lebih tinggi dibandingkan kaum muda perempuan.4 Ketimpangan partisipasi pasar tenaga keja terutama terlihat di bidang yang didominasi laki-laki seperti sektor digital/Teknologi Informasi (TI). Data nasional menunjukkan disparitas antara tingkat akses internet untuk laki-laki (42%) dan perempuan (37%) dan kenyataan ini ditopang oleh, dan memperkuat stereotip bahwa perempuan adalah technophobic. Penelitian tentang kesenjangan digital gender menemukan bahwa rendahnya tingkat literasi digital perempuan di Indonesia terkait dengan sistem patriarki yang mengakar kuat secara tidak proporsional mempengaruhi tingkat pendidikan dan akses peluang.5 Kondisi tersebut semakin menambah prevalensi minimnya partisipasi perempuan muda dalam angkatan kerja Indonesia.

Serangkaian kegiatan Proyek Tech Muda II bernama “Young Women Tech Powered Bootcamp”, menargetkan peserta proyek yaitu kaum muda perempuan rentan di wilayah Jabodetabek. Proyek ini akan melakukan proses seleksi dan rekrutmen sebanyak 400 kaum muda perempuan marjinal terpilih yang akan mengikuti pelatihan, pendampingan, project-based learning atau pemagangan, serta akses untuk penempatan kerja atau berwirausaha di bidang teknologi dan digital. Bidang keilmuan dan praktik yang akan diterapkan kepada kaum muda terpilih ini adalah keterampilan dalam Web Programming, Digital Marketing dan Soft Skills. “Young Women Tech Powered Bootcamp” akan menerapkan kegiatannya secara Hybrid (penggabungan aktivitas pelatihan langsung dan daring) di lokasi mitra pelaksana proyek yang sudah teridentifikasi memiliki tingkat pengangguran, tingkat kemiskinan, dan marginal community yang tinggi sesuai dengan data yang dimiliki oleh pemerintah. “Young Women Tech Powered Bootcamp” juga menargetkan 3% peserta bootcamp adalah kaum muda perempuan disabilitas, yang akan mendapatkan pelatihan keterampilan soft skills dan pelatihan technical skills berupa Digital Marketing/Web Programming, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja.

Pelatihan Digital Marketing, Web programming dan Soft Skills Tech Muda II, untuk Batch I, II dan III telah dan sedang dilaksanakan di PPKD Jakarta selatan, PPKPI Jakarta Timur, PPKD Jakarta Utara, PPKD Jakarta Barat, PPKD Jakarta Timur, BLK Kota Tengerang, BLK Kota Bogor, SMKN 47 Jakarta Selatan, SMKS Mahadhika, SMKS Yapika, SMKS AL MUjahirin dan SLBN 2 Jaksel. Kegiatan pelatihan akan berakhir pada Bulan Januari 2024. Untuk Batch III, Setelah kegiatan pelatihan berakhir di bulan Januari 2024, Peserta akan memasuki Kegiatan Work / Project based learning dari Bulan Februari-April 2024 , dimana peserta akan magang di perusahaan atau membuat project di UMKM di wilayah Jabodetabek. Setelah pelatihan selesai di bulan Januari 2024 secara Pararel, peserta akan tetap didampingi dari proses Work/Project Based Learning, Mencari Kerja dan Bekerja melalui Kegiatan Mentoring yang terstruktur maupun mentoring Voluntary.

Dalam rangka mendokumentasikan kegiatan yang sedang dan akan terlaksana dalam project Tech Muda II, baik Kegiatan Pelatihan, Mentoring , Project/Work Based Learning dan Job Matching, maka diperlukan konsultan yang akan mendokumentasikan kegiatan secara Foto dan Video.

untuk informasi lebih lanjut silahkan dapat diunduh melalui tautan berikut

bit.ly/Succ3ssToryTechMudaII

Calon Consultant dapat mengirimkan aplikasi kepada: yayasan.procurement@plan-international.org; dengan subjek email DocSuccesStory_TechMuda II_Nama Konsultant sebelum 08 December 2023 jam 17.00 WIB.

Women-owned businesses and individual consultants are encouraged to join the bid

All submissions will be treated in confidence.

Only shortlisted candidates will be notified and invited for interviews.

  • This job has expired!
Share this job
Company Information
Connect with us
Contact Us

NGO Job Search

CONTACT US

How we can help ? Please feel free to CONTACT US

About us / Disclaimer

DevJobsIndo.ORG is not affiliated with devjobsindo yahoo mailing groups.MORE